Beranda Parlemen Bicara Tuntut Perbaikan dan Pengelolaan Perusahaan, GMKH Bakal Demo PT STM

Tuntut Perbaikan dan Pengelolaan Perusahaan, GMKH Bakal Demo PT STM

357

DOMPU, intirakyat.com – Puluhan Pemuda dan Masyarakat yang tergabung Gerakan Masyarakat Kecamatan Hu’u (GMKH) Kabupaten Dompu, berencana melakukan aksi unjukrasa di kantor PT. Sumbawa Timur Mining (STM) yang berlokasi di Kecamatan Hu’u. Aksi ini dilakukan untuk mendesak Perbaikan dan Pengelolaan PT STM.

Koordinator Lapangan (Korlap) GMKH, Syahbudin, kepada wartawan mengatakan, pihaknya selaku GMKH berencana mendemo (unjukrasa) PT STM yang ada di Kecamatan Hu’u. Hal ini kami lakukan untuk menyampaikan beberapa tuntutan termasuk mengenai pengelolaan dalam kubu PT STM.

Perwakilan Gerakan Masyarakat Kecamatan Hu’u (GMKH) Kabupaten Dompu, saat menyerahkan surat pemberitahuan aksi unjukrasa di Mapolres Dompu, Senin (17/6/2019).

“Rencanannya selama 3 hari tepatnya hari Rabu 18/6/2019 sampai Jumat 20/6/2019 kami akan melakukan aksi unjukrasa. Dan surat pemberitahuan mengenai rencana aksi sudah kami masukan tadi (Senin 17/6/2019) di kantor Polres Dompu,” ujar Syahbudin, saat diwawancarai di taman Dompu, Senin (17/6/2019).

Baca :   Berharap Kembali Bekerja, Masyarakat Lingkar Tambang "mengadu" ke Pansus Investasi

Syahbudin menyebut, tujuan pihaknya melakukan aksi unjukrasa nantinya, guna menyampaikan beberapa tuntutan antaralain, mendesak PT STM agar memecat beberapa orang koordinator Humas PT STM (ulia dan alamsah,Red). Pekerja catering harus dikembalikan berdasarkan kesepakatan awal yang dikelola oleh perusahaan lokal secara bergilir di masing masing Desa wilayah Kecamatan Hu’u dan segera putuskan kontrak dengan perusahaan (PT PBU,red).

Penggunaan dana CSR harus digunakan secara transparansi dan profesional. Perusahaan wajib mengadakan K3 atau pelatihan sertifikasi skil masyarakat Kecamatan Hu’u sebagai bentuk tanggungjawab terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) siap kerja.

Baca :   Tak Mau Ketinggalan, Kecamatan Pekat Gelar Takbir Keliling

Perusahaan harus secara terbuka dan memprioritaskan tenaga kerja lingkar tambang, dalam pengrekrutan tenaga kerja, baik perusahaan lokal maupun perusahaan nasional yang bekerjasama dengan PT STM dan PT STM harus secara terbuka dan memprioritaskan perusahaan perusahaan lokal untuk bekerjasama dengan PT STM, khususnya tenaga medis, dimana perusahaan (PT STM) wajib merekrut tenaga medis yang ada di Kecamatan yang tersedia di Kecamatan Hu’u.

“Itulah sejumlah item tuntutan kami yang nantinya akan dituangkan dalam aksi unjukrasa nanti. Kalau tuntutan kami tidak diindahkan, maka kami akan melakukan pemblokiran jalan dan aktivitas PT STM,” tegasnya.(IR3)

BERBAGI