Beranda Lain-Lain Truk Pengakut Kayu Illegal Loging Diamankan, Namun BB Dilepas ?

Truk Pengakut Kayu Illegal Loging Diamankan, Namun BB Dilepas ?

67

DOMPU, intirakyat.com – Senin (5/11) kemarin sekitar pukul 13.00 wita tim BKPH TPMRW berhasil.mengamankan satu unit truk B 9370 HX yang memuat kayu jenis jati (tektona grandis) dari kawasan hutan toffo rompu rtk 65 ( so teka ndahu ). Namun celakanya, setelah diamankan truk beserta kayu (BB) tersebut dilepas dengan alasan yang tidak masuk akal.

Koordinator Pencegahan dan Pemantuan Hutan (PPH) Pengamanan Hutan Berbasis Kemitraan (PHBK) Wilayah Dompu Khairul Anhar, membenarkan adanya pengamanan terhadap satu unit truk yang mengakut kayu hasil dari kawasan hutan.”Iya benar kemarin ada penangkapan dan pengamanan terhadap satu unit truk berisi kayu,” ujarnya, kepada wartawan ini, Selasa (6/11).

Khairul menceritakan, awalnya BKPH TPMRW menemukan satu unit truk yamg memuat kayu dari Desa Adu Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu yang sedang melintas dari dalam kawasan hutan. Saat itu kata Dia, petugas dari bkph langsung mencegat dan mengintrogasi sopir dan mempertanyakan legalitas kayu yang di muat.

Baca :   Terkait Kerusakan Hutan, Sekda Angkat Bicara

“Dari keterangan sopir bahwa kayu tersebut tidak memiliki legalitas syahnya hasil hutan, kepala resor pajo dua (Muhtar,Red) mengintrusikan agar truk beserta barang bukti di amankan sementara ke kantor bkph ampang riwo soromandi ( ars ) untuk di proses lebih lanjut,” ungkapnya.

Kemudian lanjut Khairul, pukul 11:20 wita anggota bkph tpmrw mengarahkah truk tersebut menuju kantor yg dimaksud. Sesampai di kantor bkph ars truk tersebut di arahkan untuk parkir di halaman kantor bkph ars. Pukul 11: 45 wita kata Dia, datang sekelompok masyarakat berkisar 6, 7 orang mendatangi petugas untuk mempertanyakan truk yang di amankan tersebut.

“Saat itu saya mempertanyakan dan mengintruksikan agar truk beserta barang bukti agar di amankan di polres dompu, namun petugas bkph tpmrw bersih kukuh truk tersebut harus di amankan karena di bkph tpmrw ada pejabat ppns yang bernama (Zulkarnai,Red) yang akan menangani masalah ini,” jelasnya.

Baca :   ICI Sorot Deposito Uang APBD Pemda Dompu

Kemudian sambung Khairul, pukul 13.00 wita Petugas bkph tpmrw melepas truk tersebut dengan alasan yang tidak masuk akal dengan dalil tidak ada kekuatan karena hadirnya masyarakat yang mempertanyakan truk tersebut, padahal di sini ada aparat penegak hukum (APH) katanya.

Persoalan kasus ini kata Dia, telah diketahui oleh kepala dinas LHK prov NTB dan kepala BKPH TPMRW.

“Truk beserta kayu yang lepas ini harus segera di tindak lanjuti dengan memeriksa para oknum-oknum yang dimaksud anggota bkph tpmrw. Antisipasi terjadi permainan yang dilakukan oleh oknum-oknum bkph tpmrw yang diduga melakukan pembiaran dan selalu meloloskan hasil tangkapan sebelum dilakukan proses hukum sesuai aturan yang berlaku, krn dengan kejadian ini pasti akan menimbulkan gejolak kecemburuan sosial dari masyarakat lainnya,” Tandasnya.(IR3)

BERBAGI