Beranda Parlemen Bicara Toke Chan Minta BPBD Segera Indentifikasi Korban Bencana Puting Beliung

Toke Chan Minta BPBD Segera Indentifikasi Korban Bencana Puting Beliung

118
Foto istimewa/www.intirakyat.com Anggota DPRD Dompu Muhammad Ikhsan, Sos alias Om Chan alias Toke Chan

DOMPU, INTIRAKYAT.COM – Anggota DPRD Dompu Muhammad Ikhsan, Sos alias Om Chan alias Toke Chan, meminta kepada Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu, Provinsi NTB, segera identifikasi petani jagung korban bencana angin puting beliung beberapa waktu lalu.

“Kami sudah dengar bencana angin puting beliung yang menimpa Kabupaten Dompu beberapa hari lalu. Ratusan hectare lahan jagung petani rusak dan terancam gagal panen,” ungkap Toke Chan kepada www.intirakyat.com melalui telepon genggamnya Jum’at (2/2) pukul 19 30 wita tadi malam.

Penanganan bencana yang menimpa masyarakat petani jagung, Toke Chan mengharapkan, BPBD bisa memasimalkan perannya. “Saya minta BPBD segera indentifikasi petani jagung konban bencana angin puting beliung,” ungkapnya.

Baca :   Hubungan DPRD dan TAPD Harmonis

Setelah dilakukan identifikasi petani terdampak bencana angin puting beliung, Om Chan berharap pemerintah segera memberikan bantuan yang layak. “Pemerintah tidak mungkin mengganti semua, pemerintah hanya bisa meringankan saja,” ungkapnya.

Anggaran yang sudah disediakan di BPBD bisa dipakai untuk penanggulangan bencana, masalah teknis BPBD yang atur. Namun tidak semua pemulihan bencana bisa diberikan BPBD kepada masyarakat.

Terkait masalah banyaknya petani jagung yang menggunakan pendanaan dari Bank untuk membiayai penanaman jagung, Toke Chan mengaku mengetahuinya. “Masalah itu saya belum tahun,” ujarnya.

Khusus penanggulangan masalah pinjaman Bank itu, Om Chan meminta kepada pemerintah agar memfasilitasi petani dengan pihak perbankkan guna membicarakan masalah pembayaran pinjaman.

Baca :   Manfaat Waduk Bagi Kehidupan Manusia Menurut PUPR Dompu

Bukan hanya bencana yang sudah terjadi, BPBD juga harus mengidentifikasi kemungkinan bencana lain yang kerap melanda Kabupaten Dompu, seperti gejala bencana puting beliung, banjir dan air bah. “Identifikasi awal penting agar pemerintah bisa mengambil langah antisipasi sebelum bencana terjadi,” harapnya. (IR1)

BERBAGI