Beranda Pembangunan TMMD Ke 104 Kodim 1614/Dompu Wujudkan Kemudahan Bagi Petani

TMMD Ke 104 Kodim 1614/Dompu Wujudkan Kemudahan Bagi Petani

44

DOMPU, intirakyat.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 104 Tahun 2019 oleh Kodim 1614/Dompu bersama jajaranya dibawah (Satgas TMMD), mampu menciptakan berbagai kemudahan bagi masyarakat khususnya para petani di Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.

Hal itu dibuktikan dengan berbagai pembangunan salah satunya sarana jalan dan jembatan serta item sarana lainnya sangat memberikan manfaat bagi para petani untuk mendukung aktivitas di lahan pertanian.

Walau pun, berbagai pembangunan masih terus dikerjakan oleh Satgas TMMD bersama masyarakat dengan penuh semangat, namun hasilnya mulai nampak dengan progres yang cukup luar biasa.

Berikut cacatan singkat hasil liputan wartawan www.intirakyat.com di lokasi kegiatan (aktivitas pembangunan) melalui program TMMD ke 104 Tahun 2019 Kodim 1614/Dompu ?

Minggu pagi (10/3/2019), suasana langit begitu cerah seakan tersenyum dan menyaksikan para Satgas TMMD bersama masyarakat dengan penuh semangatnya untuk menuntaskan berbagai pembangunan di Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya.

Baca :   Prihatin Anggota Terkena Musibah, Kapolres Dompu "bergerak cepat"

Keceriaan dan semangat para Satgas TMMD dan Masyarakat nampak jelas. Seperti yang terlihat di lokasi atau pembangunan sarana jalan (pembukaan jalan baru) di lokasi lahan pertanian Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya.

Pekerjaan pembukaan jalan baru ini tepat berada di lokasi lahan pertanian (tanaman jagung) milik masyarakat petani. Sarana jalan yang dikerjakan ini pun dianggap sangat penting bagi petani karena mampu memberika kemudahan bagi mereka untuk akses mengakut hasil pertanian termasuk akses untuk melakukan aktivitas menanam atau panen.

Hal itu terbukti, seperti yang disampaikan Kepala Desa (Kades) Teka Sire, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Yan Sofian Herali. Kepada wartawan, Yan mewakili masyarakat Desa Teka Sire, menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya atas kinerja dan perhartian Kodim 1614/Dompu bersama jajaranya kepada masyarakat Desa Teka Sire.

“Alhmadulillah, melalui program TMMS 104 Kodim 1614/Dompu kami khususnya petani di Desa Teka Sire bisa memiliki sarana jalan baru dan jembatan di lokasi lahan pertanian,” katanya.

Baca :   Dandim 1614/Dompu Tinjau Progres TMMD Ke 104

Yan Sofian menyebut, selama ini para petani di Desa Teka Sire kesulitan akses jalan di lokasi lahan pertanian. Sehingga hal ini kata Dia, menghambat petani dalam melakukan aktivitas di lahan pertanian masing masing.

“Alhamdulillah, lewat program TMMD 104 Tahun 2019, mimpi petani Desa Teka Sire memiliki akses jalan di lokasi lahan petanian akhirnya terwujud,” jelasnya.

Dengan adanya akses jalan baru dilokasi lahan pertanian, lanjut Yan Sofian, akan meringakan beban biaya yang dikeluarkan petani saat massa panen jagung.

“Selama ini tepatnya sebelum ada jalan, petani mengeluarkan uang RP 15 Ribu perkarung untuk membayar buruh yang mengangkat jagung dari lokasi lahan ke perkampungan. Tapi dengan adanya jalan ini alhamdulillah, petani tidak lagi mengeluarkan biaya karena jagung bisa diangkut dengan menggunakan motornya sendiri,” tuturnya.(IR3)

BERBAGI