Beranda Peristiwa Terkait Dampak Banjir Dompu, Ini Laporan Camat Kempo ke BPBD

Terkait Dampak Banjir Dompu, Ini Laporan Camat Kempo ke BPBD

72

DOMPU, intirakyat.com – Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu, Drs. Imran M Hasan, belum lama ini menjelaskan mengenai dampak bencana banjir di wilayah Kecamatan Kempo.

Dikatakannya, berdasarkan laporan dari camat kempo bahwa kemarin Tanggal 6 Desember 2018 melalui jejaring sosial WhatsAppnya menyebutkan, pada hari kamis Tanggal 6 Desember 2018 sekitar pukul 13.35 wita sampai dengan pukul 16.05 wita di wilayah Kecamatan Kempo Dompu telah terjadi hujan lebat.

“Lalu pada pukul 15. 25 wita telah terjadi bencana banjir bandang yang menggenangi pemukiman masyarakat Desa Soro Kecamatan Kempo Donpu,” ungkap Kepala BPBD Dompu Drs. Imran M Hasan, Jumat (7/12/2018).

Baca :   Bupati Beri Pembinaan Terhadap Pelajar

Dikatakan Imran, Akibat peristiwa tersebut sejumlah materil (sampah) nyangkut di dua jembatan dan banjir meluap disejumlah ruas jalan dan menggenangi rumah yang ada di daerah ancaman serta merusak sejumlah titik jalan menuju so lete ala.

“2 buah rumah panggung terancam hanyut dan 1 buah rumah permanen terancam ambruk karena lonsoran tanah tebing. 50 unit rumah terendam dan korban jiwa nihil,” jelasnya.

Upaya yang telah dilakukan BPBD lanjut Imran, pihaknya telah melakukan pendataan,memberikan,bantuan berupa selimut, super mie dan bantuan lainnya. Tidak hanya itu, sudah dilakukan juga kajian resiko dan bentuk penanganannya.

Baca :   Hujan Sehari, Dompu Kembali Dilanda Banjir

Penanganan prioritas yang harus dilakukan tambah Imran, Perlu dilakukan kegiatan darurat dalam rangka penyelamatan 3 rumah yang terancam hanyut. Tumpukan sampah harus segera di bersihkan dengan menggunakan alat berat agar dampak bencana tidak semakin meluas.

Melakukan perbaikan kembali jalan serta jembatan yang rusak akibat bencana banjir agar roda ekonomi masyarakat normal kembali.”Saat ini, alat berat (Excafator) sudah ada di lokasi guna pembersihan sisa sisa sampah yang dibawa air banjir,” Terangnya.(IR3)

BERBAGI