Beranda Lain-Lain Terkait BANSER, ini Tanggapan FUI Dompu

Terkait BANSER, ini Tanggapan FUI Dompu

216

DOMPU, intirakyat.com – Permintaan dan desakan untuk membubarkan Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) yang sempat viral di berbagai jejaring sosial salah satunya Facebook, terus menjadi perbincangan hangat dibahas oleh berbagai kalangan. Hal ini pun, juga direspon oleh Forum Umat Islam (FUI) Kabupaten Dompu.

Sekertaris FUI Kabupaten Dompu, Romo Sultan menyebut, awalnya BANSER adalah organisasi yang bersih/ Merah Putih. Tapi ketika ada kepentingan atau muatan kepentingan dalam organisasi tersebut kata Dia, tentu semuanya tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan tentu juga hal itu akan terjadi pada semua organisasi.

Baca :   Jadwal Pelantikan Anggota DPRD Priode 2019 - 2024, ini Saran Bupati

“Bahkan kalau dalam organisasi ada kepentingan kelompok tertentu, maka akan menjadi miring,” ungkap Romo, Rabu kemarin (4/9/2019).

Dikatakan Romo, kalau disuruh memberikan tanggapan mengenai
banyaknya desakan dan permintaan untuk membubarkan BANSER yang disuarakan melalui jejaring sosial. Menurut dirinya selaku Sekertaris FUI Dompu, BANSER di NKRI ini tetap dilanjutkan alias tidak dibubarkan.
“Tapi yang perlu diingat, jangan lagi BANSER diduga dijadikan prodak politik,” katanya.

Setau Romo, BANSER itu Merah Putih dan sama kedudukannya dengan semua orang yang ada di lapangan. Mereka juga memiliki orentasi untuk membangun Negara ini dan itu sama juga dengan FPI.

Baca :   Langgar AD/ART, PMII Dompu Sesalkan Sikap BPK PKC NTB

Hanya saja di Negara ini yang gila karena muatan kepentingan yang banyak sehingga berpengaruh pada esistensi dari kelembangaan atau organisasi tersebut.

“Jujur saja, kalau dalam Islam semua disuruh untuk berkelompok. Jadi BANSER ini lahir dari pemikiran pemikiran para ulama dan kiyai yang harus kemudian ada tumpuan menjadi barisan penolong,” jelasnya.

Lebih jauh Romo berharap, BANSER itu harus tetap ada. Hanya saja perlu ditata termasuk tidak boleh ada muatan atau kepentingan politik dibalik sebuah perkumpulan atau kelompok.(IR3)

BERBAGI