Beranda Diskomminfo Tahap Pertama, Pendapatan Daerah Sektor Galian Capai Rp 159 Juta

Tahap Pertama, Pendapatan Daerah Sektor Galian Capai Rp 159 Juta

30
Kepala Bidang Pajak dan Retribusi Daerah Bappenda Kabupaten Dompu Arief Hidayatullah, SE.

DOMPU,intirakyat.com – Pendapatan daerah dari setoran pajak sector galian dan sejenisnya pada tahap pertama di tahun 2018 ini baru mengena pada angka Rp 159 juta lebih. Keadaan ini dianggap sangat jauh dari target pendapatan yang harusnya bisa lebih tinggi. Pasalnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menargetkan pajak untuk sector tersebut bisa menembus angka Rp 1.3 Milyar lebih.

Rendahnya angka pendapatan awal pada sector galian atau pekerjaan bumi ringan seperti Batu Gunung/Kali, Sirtu, Pasir, Tanah Timbun dan Batu Pecah atau Kerikil itu, disesuaikan dengan aktifitas yang berlangsung pada jenis pekerjaan tersebut. Meski begitu, dipastikan untuk tahap akhir akan tembus target.

Baca :   Kewajiban Pajak, Arif : Mari Kita Taat Aturan

“Memang baru angka segitu yang masuk di kita, kita masih punya sisa sebesar 1.2 Milyar lebih untuk mencapai target. Kita tidak bisa paksakan karena harus disesuaikan dengan aktifitas pekerjaan yang berlangsung,” ungkap Kepala Bidang Pajak, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu, Arif Hidayatullah., pada media ini, Jumat (10/08/2018) lalu.

Dikatakanya, pekerjaan bumi yang dimaksud adalah yang memperoleh ijin dari Pemda Dompu yang keberadaannya tersebar di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Dompu. “Nanti pada tahap akhir semua pajak yang sudah kita target pasti akan masuk, para pengusaha juga tidak mungkin tidak akan membayar, jika tidak maka bisa saja ijin mereka kita cabut,” ujarnya.

Baca :   HUT ke73 TNI, Suarakan Solidaritas TNI, Polri dan Pemerintah

Untuk tahun depan, pihaknya akan menggenjot para pengusaha untuk lebih efektif lagi dalam membayar pajak. “Kita pastikan tahun depan target kita lebih tinggi, melihat kondisi dan keadaan yang meyakinkan. Yang jelas apapun yang masuk di semester awal ini adalah murni dari kesadaran mereka membayar pajak,” utarnya. (Adv***)

BERBAGI