Beranda Pemerintahan Soal Hutan Rusak, Ini Penjelasan Bupati

Soal Hutan Rusak, Ini Penjelasan Bupati

193

DOMPU, intirakyat.com – Bupati Dompu melalui Kabag Humas Setda Dompu, mengatakan, kerusakan hutan di wilayah Kabupaten Dompu, akibat aktivitas pertanian yang dilakukan oleh para petani, tidak harus menyalahkan pemerintah daerah Dompu. Akan tetapi kondisi ini, harus menjadi perhartian semua pihak.

“Pemerintah daerah menyadari keterbatasannya. Sebab kewenangan soal hutan itu pemerintah provinsi,” ujar Kabag Humas Setda Dompu, Muhammad Iksan ST, MM, saat diwawancarai wartawan ini di ruangan Humas Setda Dompu, Jumat (1/11/2019).

Iksan mengenaskan, jika Pemerintah Daerah Dompu dikatakan menutup mata dan melakukan pembiaran, itu tidak benar adanya.

Baca :   Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, DP3A Gencar Lakukan Kegiatan

Maka itu, berangkat dari kondisi ini, Iksan mengajak semua elemen untuk mengambil bagian, guna melalukan berbagai langkah penanganan terhadap hutan yang terlanjur rusak tersebut.

“Semua elemen termasuk Kepala Desa (Kades) untuk memberikan himbauan kepada warganya agar tidak kembali lagi melakukan aktivitas penguasaan kawasan hutan di lokasi yang baru. Dan melakukan penanganan yang baik terhadap lahan (hutan) yang sudah terlanjut di kuasai,” katanya.

Lebih jauh Iksan mengatakan, para petani yang sudah terlanjur menguasai kawasan hutan, itu tiada lain tentu memiliki hubungan kekeluargaan dengan semuanya.

Baca :   Pengamanan Lebaran 2018, Polres Dompu Gelar Rakor Lintas Sektoral

“Mereka yang melakukan aktivitas bertani itu, adalah keluarga keluarga dekat kita. Makanya peran kita harus bersama sama memberikan penyandaran dan masukan kepada mereka,” Tandasnya.(IR3)

BERBAGI