Beranda Lain-Lain Soal Hutan, Bupati : kami menunggu koordinasi dan ajakan dari Pemerintah Provinsi...

Soal Hutan, Bupati : kami menunggu koordinasi dan ajakan dari Pemerintah Provinsi NTB

103

DOMPU, intirakyat.com – Mengenai penanganan dan pengembalian fungsi hutan di wilayah Kabupaten Dompu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, belum lama ini mengaku pihaknya masih menunggu koordinasi dan ajakan dari Pemerintah Provinsi NTB.

Hal ini dikatakan Bupati, karena menilai kewenangan soal hutan itu ada di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan KPH. Jadi Pemerintah Daerah Dompu, kata Dia, belum berani mengambil tindakan atau langkah terlebih dahulu sebelumnya adanya permintaan dan ajakan dari mereka.

“Karena kewenangan soal hutan itu ada di provinsi. Maka kami belum bisa bergerak dan mengambil tindakan untuk menangani persoalan itu,” ujar Bupati, saat diwawancarai wartawan, usai menghadari acara pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD Dompu masa kerja 2019-2024 yang berlangsung di kantor DPRD setempat, Senin kemarin (4/11/2019).

Baca :   CPNS K-II Unras, Bupati Dompu tidak ada Ditempat?

Bupati pun menjelaskan, pihaknya selaku Pemerintah Daerah Kabupaten tidak boleh membiayai atau melakukan kegiatan yang bukan menjadi kewenangan dan tanggungjawabnya.

“Kalau DLHK NTB khususnya KPH merasa kalau kami harus terlibat didalamnya, tentu kami siap,” katanya.

Seadainya Pemerintah Daerah lanjut Dia, mengambil langkah terlebih dahulu tanpa adanya ajakan dan permintaan dari DLHK NTB, maka ditakutkan pihaknya dianggap mencampuri tugas dan tanggungjawab pihak lain.”Itulah asalan kenapa kami tidak berani mengambil tindakan,” terangnya.

Diakui Bupati, sampai detik ini belum ada surat atau permintaan Pemerintah Provinsi NTB (DLHK dan KPH) yang dikirim ke pihaknya untuk membantu menangani persoalan tersebut.”Kalau ada surat atau permintaan dari mereka, tentu kami pemerintah daerah akan selalu siap,” Tegasnya.(IR3)

BERBAGI