Beranda Parlemen Bicara Sikapi Masalah Kerusakan Hutan di Dompu, LSM PRD Hearing Dengan DPRD

Sikapi Masalah Kerusakan Hutan di Dompu, LSM PRD Hearing Dengan DPRD

204

DOMPU, intirakyat.com – Lembaga Swadaya Masyarakat Partai Rakyat Demokratik (LSM PRD) Kabupaten Dompu, Kamis (7/2/2019) melakukan hearing dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu. Hal ini dilakukan PRD untuk menyampaikan aspirasi guna menyikapi terkait kasus kerusakan hutan tutupan negara di wilayah Kabupaten Dompu.

Hearing yang berlangsung di gedung aula rapat kantor DPRD Kabupaten Dompu ini, dihadiri oleh sejumlah pihak PRD Dompu. Sementara dari pihak (anggota) DPRD Dompu yakni, Muh. Ikhsan S.Sos, Ikhwayudin AK dan Andi Bahtiar.

Perwakilan LSM PRD Dompu Sarif Bimbim alias Bimbim, melalui penyampaiannya dalam hearing tersebut menyebut, akibat dari dampak program pemerintah Tyang ada di Kabupaten Dompu hampir sebagian hutan tutupa negara yang ada di Daerah Dompu mengalami kerusakan parah.”Ini dibuktikan semakin luasnya lahan baru yang dimiliki oleh para petani jagung melalui program Pijar (terpijar,Red),” ungkapnya.

Diakui Bimbim, terkait kerusakan hutan tutupan negara di Kabupaten Dompu, pihaknya sudah resmi melaporkan masalah ini ke Mapolda NTB dengan berbagai tembusan kepada pihak – pihak terkait termasuk Presiden RI.

Baca :   Creative decorating with houseplants, from floor to ceiling

“Masalah ini sudah kami laporkan kepada Kapolda NTB beberapa waktu lalu, kami juga meminta kepada Kapolda untuk menangani dengan serius terkait laporan yang kami laporkan,” jelasnya.

Menurut Bimbim, Pemerintah Daerah adalah penyebab utama sehingga petani jagung di Dompu merusak hutan. Akibatnya kata Dia, Dompu terancam bencana terutama bencana erosi maupun banjir.

“Daerah kita adalah salah satu daerah rawan banjir jika masalah ini tidak diantisipasi tentu akan berdampak buruk pada daerah dan masyarakat,” katanya.

Lebih jauh Bimbim mengungkapkan, Kerusakan kawasan hutan negara di wilayah kabupaten Dompu sekitar 96,195 Hetar dengan total keseluruhan kawasan hutan di kabupaten Dompu sekitar 139,892,94 meter persegi.

“Kami minta kepada pihak anggota DPRD agar segera mengeluarkan surat dan membentuk pansus untuk sama sma mengawal dan mengontrol masalah kerusakan hutan tutupan Negara,” pintanya.

Baca :   Kedudukan, Tugas Pokok, Hak dan Kewajiban Wakil Rakyat

Disela waktu, Anggota DPRD Dompu Ikhwayudin AK mengatakan, pihaknya membenarkan bahwa hutan tutupan negara di wilayah Dompu rusak parah. Hampir di sejumlah lokasi hutan tutupan negara dibabat secara parah.

“Kami mengakui Kerusakan hutan di wilayah Dompu, untuk itu kami akan melakukan pengawasan secara seksama dan akan mengusulkan dalam rapat selanjutnya termasuk pembentukan pansus terkait masalah itu,” katanya.

Disela waktu juga, Anggota DPRD Dompu Muh. Ikhsan S.Sos juga mengatakan, Dalam hal ini Pihakny akan mengupayakan pengendalian dan pencegahan terhadap pengerusakan hutan yang ada di wilayah kabupaten Dompu.

“Dengan melakukan pengawasan serta akan mengusulkan pembentukan tim pansus. Bahkan kami akan menyampaikan segala aspirasinya LSM PRD kepada Ketua (pimpinan ketua DPRD) nantinya sebagai bahan referensi saat sidang,” janjinya.(IR3)

BERBAGI