Beranda Hukum Sengketa Informasi, Berakhir di Meja Mediasi

Sengketa Informasi, Berakhir di Meja Mediasi

118

DOMPU, intirakyat.com – Persidangan sengketa informasi antara Lembaga Insan Cita Institute (ICI) Kabupaten Dompu selaku Pemohon dan PPID Setda Dompu (Termohon) yang berlangsung di Komisi Informasi Provinsi (KI) Provinsi NTB, Senin (19/8/2019), akhirnya berujung di meja mediasi.

Mediasi yang sebelumnya dilakukan oleh Mediator Dachlan A. Bandu, menghasilkan suatu keputusan bersama. Dimana termohon (Setda Dompu) melalui kuasa hukumnya Adjriaty SH menyatakan beberapa item kesepatakan antaralain, termohon bersedia memberikan informasi yang diminta Pemohon (ICI Dompu) file copy atau salinan APBD Setda Kabupaten Dompu Tahun anggaran 2016, 2017, 2018 dan APBD murni Tahun 2019.

Baca :   Dianggap Mengancam Kesehatan, Warga Desa Calabai Hadang Truk PT SMS

Informasi APBD tersebut akan diberikan pada hari Kamis Tanggal 29 Agustus 2019 pukul 14.00 Wita di ruang mediasi Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB. Sesuai dengan keterangan Majelis Komisioner dan Mediator yang dikutip dari berita acara mediasi nomor : 007/KINTB/PSI BAM/VIII/2019 menyatakan bahwa dokumen APBD Setda Dompu yang diminta Pemohon tidak tergolong dalam informasi yang dikecualikan sesuai ketentuan undang undang.

Sebelumnya, ICI Dompu mengajukan permohonan informasi mengenai File Copy atau Salinan APBD Setda Dompu mulai tahun anggaran 2016, 2017, 2018 dan 2019. Namun sayangnya, hal itu menurut informasi, tidak diindahkan oleh pihak Pemda setempat.

Baca :   The dangers of eating too much restaurant food

Dasar itu pun, akhirnya ICI melalui
Ketuanya (ICI Dompu), Slamat Abadi Sentosa S.Pd, membuat surat keberatan dengan nomor surat 003/Dompu/ICI/2019 tertanggal 22 Mei 2019 atas tidak ditanggapinya permohonan informasi publik tersebut.(IR3)

BERBAGI