Beranda Diskomminfo Selain Untuk Pertanian, Ini Manfaat Lain Bendungan Tanju dan Mila

Selain Untuk Pertanian, Ini Manfaat Lain Bendungan Tanju dan Mila

72
Bendungan Tanju Dan Bendungan Mila Dompu Nusa Tenggara Barat.

DOMPU, INTI RAKYAT.COM – Manfaat utama Bendungan Tanju dan Bendungan Mila di Kabupaten Dompu adalah untuk meningkatkan kesejahteraan pada bidang pertanian. Selain itu ada manfaat lain yang bisa dirasakan oleh masyarakat dari adanya kedua bendungan besar yang masuk dalam Rababaka Kompleks ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan III Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I, Japarussidik mengatakan, selain menyediakan kebutuhan irigasi, kedua bendungan ini juga memiliki manfaat lainnya.

Bendungan ini juga akan dimanfaatkan sebagai upaya melakukan konservasi. Hewan dan tumbuhan air yang bervariasi akan dapat ditemukan di bendungan yang bisa menyediakan lahan yang digunakan untuk makhluk-makhluk hidup tersebut berkembang biak. Selain itu, ada pula untuk kegiatan budidaya perikanan, penyedia air minum, dan pembangkit listrik.

“Jadi manfaat bendungan Tanju dan Mila itu multi purpose. Di Tanju, itu bisa untuk area irigasi seluas 2.250 ha pembukaan lahan baru. Konservasi, perikanan darat, air minum, dan disiapkan juga untuk pembangkit listrik micro hydro kapasitas 400 kilo watt,” katanya kepada awak media di Bendungan Tanju, Dompu.

Baca :   Bupati Resmikan Puskesmas Malaju

Ia mengungkapkan, selain berfungsi seperti bendungan pada umumnya, bendungan Tanju dan Mila juga akan menjadi daerah wisata baru di Kabupaten Dompu. Ia mengaku, warga di Dompu akan sangat menyenangi apabila ada sumber air baru di daerahnya. Adanya daerah pariwisata akan berdampak pada tumbuhnya sumber perekonomian baru bagi warga sekitar.

“Yang paling utama di sini adalah pariwisata. Di Dompu tidak ada lokasi yang pas untuk daerah pariwisata. Adanya dua bendungan diharapkan bisa jadi sumber pariwisata yang nantinya akan menghasilkan sumber perekonomian baru di Dompu. Makanya nanti di daerah hilir akan dibuat landscape taman,” pungkasnya.

Baca :   Komisi III : Sebaiknya Tunda Dulu Imunisasi MR Pada Anak

Dirjen Sumber Daya Air Hari Suprayogi menambahkan selain irigasi air dari Bendungan Tanju juga dimanfaatkan sebagai air baku bagi warga Kecamatan Manggalewa, dengan kapasitas 50 liter per detik. Selain itu juga untuk pengendalian banjir.

“Kami perkirakan di Bulan Februari 2019, level air sudah mencapai ketinggian spill out bendungan, sehingga sudah bisa dialirkan mengairi ke sawah petani,” jelasnya.

Dengan luas genangan 325,2 hektar, Bendungan Tanju juga diperkirakan bisa dikembangkan menjadi wisata air, sehingga menjadi destinasi wisata baru di Dompu. Bendungan Tanju dan Mila merupakan bagian dari 13 bendungan baru yang pembangunannya telah dimulai pada tahun 2015, bagian dari program pembangunan 65 bendungan pemerintah sebagai upaya mendukung ketahanan pangan. Bendungan Tanju dan Mila dibangun oleh PT Hutama Karya, PT Nindya Karya dengan nilai kontrak sebesar Rp 357,16 miliar. (Adv***)

BERBAGI