Beranda Pertanian Saneo Jadi Lokasi Panen Raya Jagung Nasional Tahun Ini

Saneo Jadi Lokasi Panen Raya Jagung Nasional Tahun Ini

276

Dompu, intirakyat.com, – Pemerintah Kabupaten Dompu akhirnya memilih Desa Saneo, Kecamatan Woja, sebagai tempat panen raya jagung Nasional tahun 2019 ini. Panen raya kali ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2019 dan akan dihadiri oleh 4 Kementerian.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Dompu, Ilham SP., mengatakan, berbagai persiapan terus digenjot. Hingga saat ini, berbagai kebutuhan sarana penunjang kegiatan telah bangun.

“Sudah ada perintah pak bupati, persiapan lokasi dan lainnya baru 50 persen,” ungkapnya saat dihubungi media ini, Kamis (28/02/2019).

Dikatakannya, Kabupaten Dompu merupakan salah satu Kabupaten produsen jagung nasional di NTB sehingga dipilih menjadi lokasi panen raya jagung nasional.

Baca :   Bupati Manggarai Barat dan Timur Bakal Belajar Menanam Jagung di Dompu

Dipilihnya Desa Saneo sebagai lokasi panen raya jagung karena pertimbangan akses jalan yang mudah dijangkau atau tidak terlalu jauh dari pemukiman warga. Selain itu juga merupakan salah satu wilayah yang memiliki luas wilayah terbesar di Kabupaten Dompu.

“Luas lahan jagung di Kecamatan Woja 9.500 hektare. Lokasi panen di Desa Saneo dengan luas areal jagungnya mencapai 3.000 hektare, rencana panen tanggal 11 Maret 2019 tapi kita masih menunggu respon Kementrian pertanian,” jelasnya.

Panen raya jagung ini rencananya akan dihadiri oleh 5 Kementerian diantaranya Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Desa , Kementerian PUPR dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (IR7).

BERBAGI