Beranda Kesehatan Puskesmas Dompu Barat Ditetapkan Jadi Percontohan

Puskesmas Dompu Barat Ditetapkan Jadi Percontohan

22

Dompu, intirakyat.com – Puskesmas Dompu Barat ditetapkan sebagai Puskesmas Percontohan Kabupaten Dompu oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Putusan ini diberikan setelah melalui proses panjang seperti mengajukan rekomendasi Puskesmas yang akan dijadikan contoh pada setiap Kabupaten Kota se NTB oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan SDM, Dinas Kesehatan Dompu, Abubakar., mengatakan, sebelum ditetapkan jadi percontohan Dikes Dompu mengajukan Puskesmas Dompu Barat dengan pertimbangan salah satu Puskesmas yang lokasinya sangat strategis juga didukung dengan sarana dan prasarana yang lengkap.

Baca :   Suksekan Program STBM, Akan Selesai Bila Masyarakat Punya Uang

“Dari hasil penilaian Dinas Kesehatan Dompu untuk Puskesmas percontohan, disamping strata akreditasi madya, puskesmas ini tempatnya strategis karena pas di tengah dari Puskesmas yang ada. Kini langsung menjadi Puskesmas binaan Kementrian ksehatan,” ungkapnya pada media ini, Selasa (08/01/2019).

Dikatakannya, setelah mengajukan rekomendasi melalui Dikes Provinsi, Puskesmas tersebut kemudian dilakukan penilaian oleh Direktorat Jendral pelayanan kesehatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Sehingga diputuskan menjadi Puskesmas percontohan di Dompu berdasarkan Surat Keputusan Kementrian Kesehatan Nomor. HK.01.07/MENKES/636/2018 tentang Puskesmas sebagai percontohan di setiap Kabupaten Kota harus memiliki Puskesmas Percontohan.

Baca :   Operasi Ditunda, Keluarga Pasien RSUD Kecewa

“Ada SK penetapan dari Kementrian Kesehatan yang menetapkan Puskesmas Dompu Barat sebagai Puskesmas percontohan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Dompu Barat, Mujakir, mengaku akan terus meningkatkan pelayanan dan melaksanakan pembinaan secara berjenjang sehingga benar-benar menjadi contoh bagi Puskesmas lainnya.

“Apa yang kita dapat pada hari ini mari kita sama-sama menjaga karena kesehatan ini sangat penting, Kesehatan bukan milik orang melainkan kesehatan milik kita bersama,” ungkapnya pada wartawan. (IR7).

BERBAGI