Beranda Kesehatan Puskesmas Dobar Terakreditasi Madya, Dikes Makin Optimis

Puskesmas Dobar Terakreditasi Madya, Dikes Makin Optimis

55
Foto Faruk / www.intirakyat.com Kepala Bidang Pelayana dan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu NTB, Abubakar Husein, AMG.,

DOMPU, INTI RAKYAT – Dengan diraihnya akreditasi madya oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dompu Barat dalam standar pelayanan kesehatan, membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu semakin optimis dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang optimal. Lebih-lebih, Puskesmas Dobar masuk dari 9 Puskesmas se NTB yang terakreditasi dengan status madya.

“Alhamdulillah target kita agar semua puskesmas terakreditasi sedikit demi sedikit akan tercapai, Saya cukup bangga dan, bersyukur atas penilaian tersebut,” ujar Kabid Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dikes Dompu, Senin (05/03/2018).

Sejak November tahun 2017, sudah empat Puskesmas yang dinilai Puskesmas Dompu Kota, Ranggo dan Kempo yang hasilnya terakreditasi dengan status dasar. Kata dia, saat ini tinggal satu puskesmas yang tinggal menunggu nilai, yaitu Puskesmas Dompu Timur.

Baca :   Hati-hati, Penyakit TB Mengancam

Sementara untuk tahun 2018 ini, akan dilakukan penilaian akreditasi terhadap empat puskesmas tersisa. Yaitu Puskesmas Rasabou Hu’u, Puskesmas Soriutu, Puskesmas Kilo dan Puskesmas Calabai.

“Target kami semua puskemas yang ada di Dompu terakreditasi di tahun 2018,” tegasnya.

Untuk mencapai target sesuai dengan yang direncanakan, Dikes akan menyiapkan dengam matang tiga Pokja yang akan dinilai. Diantaranya Pokja administrasi dan manajemen, pokja Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dengan sembilan Bab dan 776 Elemen Penilaian (EP). Menghadapi penilaian itu, Dia mengimbau setiap puskesmas untuk mempersiapkan diri sesuai dokumen dan SOP Permenkes 75 tahun 2014.

Baca :   Bulan Puasa, Sat Pol PP Dompu Rutin Gelar Razia "warung makan"

“Jika tidak terakreditasi, maka puskesmas yang bersangkutan tidak akan bisa bekerjasama dengan BPJS,” ungkapnya.

Dikatakannya, Dikes akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan disetiap puskesmas yang akan diakreditasi dan sudah terakreditasi. Tujuannya agar semua puskesmas bisa memberikan pelayanan semaksimal mungkin yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Keberhasilan dalam meningkatkan mutu itu tidak lepas dari dukungan penuh pemerintah kabupaten dompu yang memberikan perhatian serius di sektor kesehatan,” ujarnya. (ADV***)

BERBAGI