Beranda Pembangunan PU-PRD Belum Mampu Tuntaskan Masalah Drainase Depan Rumdis Wakil Bupati

PU-PRD Belum Mampu Tuntaskan Masalah Drainase Depan Rumdis Wakil Bupati

144
foto Rul/www.intirakyat.com Jalan di depan Rumah Dinas Wakil Bupati Dompu yang tergenang air

Dompu,intirakyat.com – Masalah drainase di pinggir jalan mulai dari tanjaka Sori Sakolo hingga di depan SMAN 2 Dompu, belum mampu ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setiap hujan datang, walau tidak lebat, dalam sekejap saluran drainase pembuangan di tepi jalan depan Rumah Dinas (Rumdis) Wakil Bupati Dompu akan langsung penuh.

Akibat daya tampung drainase yang terbatas karena ukurannya

foto Rul/www.intirakyat.com
Terliahat luapan air dari dalam Saluran Drainase masuk ke jalan dan rumah warga. hal itu terjadi lantaran ukuran drainasi yang belum memadai

yang kecil dan cetek, air gampang meluap masuk kejalan bahkan kedalam rumah warga di sepanjang jalan tersebut.

Kamis (25/1) setelah diguyur hujan selama kurang lebih tiga jam, jalan tersebut langsung digenangi air hingg mencapai ketinggian 20-30 cm. Kondisi ini pun mengakibatkan aktivitas pengendara yang melalui jalan itu terganggu.

Baca :   Bukti Kontribusi untuk Daerah, PT. SMS Kembali Berikan Beasiswa Untuk Masyarakat Dompu

Salah seorang pengendara roda dua (motor) Islamudin mengatakan, genangan air di jalan tersebut sudah biasa terjadi khususnya saat musim hujan. “Meski intensitas hujan rendah ataupun tinggi. Jalan ini tetap saja di genangi air,” ungkap Islamudin, warga Bali I Kelurahan Bali I Dompu kepada wartawan di depan Rumah Dinas Wakil Bupati.

Menurutnya, penyebab utama meluapnya drainase tersebut, lantaran adanya penyumbatan dan menyempitnya drainase yang ada. “Intinya tempat ini sudah sejak lama menjadi langganan genangan air hujan,” katanya.

Menurut Islamudin, mestinya Dinas PU-PR tidak tutup mata terhadap kondisi aspal yang digenangi air ini.

Baca :   Meningkatkan Populasi Ternak Sapi Potong

Masalah Drainase pada jalan tersebut sudah bertahun-tahun terjadi. Namun sayangnya belum ada penanganan serius dari pemerintah, padahal lokasi tersebut dekat dengan kediaman Wakil Bupati Dompu.

Islamudin berharap pihak Dinas terkait segera menangani masalah tersebut supaya agar tidak banjir lagi. “Kasian masyarakat, terutama sekali para siswa SMP 1, SMA 2 Dompu dan TKIT Al Hilmi yang ada disekitar jalan tersebut,” katanya. (IR3)

BERBAGI