Beranda Pembangunan Proyek Irigasi di Desa Tanju “disorot” LSM Nggahi Rawi Pahu

Proyek Irigasi di Desa Tanju “disorot” LSM Nggahi Rawi Pahu

136

DOMPU, intirakyat.com – Pekerjaan proyek Irigasi di wilayah Desa Taju, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu Tahun 2019, menuai sorotan dari kalangan LSM Nggahi Rawi Pahu. Proyek yang dikerjakan oleh salah satu perusahaan (PT) di Dompu ini diduga menimbulkan dampak lingkungan yang dirasakan oleh pemilik lahan yang ada di sekitar lokasi proyek.

Dampak ini pun, diungkapkan secara langsung oleh pemilik lahan. Bahkan salah satu pemilik lahan ini pun meminta bantu LSM Nggahi Rawi Pahu Dompu untuk melakukan somasi terhadap perusahaan tersebut.

“Saya dimintai bantuan oleh pemilik tanah sekitar lokasi proyek itu, untuk melakukan somasi terhadap perusahaan itu,” ungkap Direktur LSM Nggahi Rawi Pahu, Wahyudin, kepada wartawan ini, Sabtu (27/7/2019).

Baca :   Terkait Maraknya Parkir Liar, Kepala Dishub Janji Bakal Ambil Tindakan Tegas

Wahyudin menyebut, akibat aktivitas pekerjaan proyek itu terutama aktivitas pengakutan tanah yang dibawa keluar dengan menggunakan beberapa unit dam truck, mengakibatkan lahan milik salah warga yang ada di sekitar lokasi proyek menjadi rusak alias struktur tanah menjadi tidak stabil.

“Tidak hanya itu, aktivitas pekerjaan itu pun menimbulkan pecemaran udara karena banyak debu yang berterbangan,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Wahyudin, perusahaan tidak pernah meminta ijin kepada pemilik lahan sejak aktivitas pekerjaan itu berlangsung.

“Seharus mereka meminta ijin kepada pemilik lahan
baru bisa melakukan aktivitas pengakutan tanah dengan melalui lahan milik orang lain. Namun nyatannya, itu tidak dilakukan oleh perusahaan itu,” bebernya.

Baca :   Kantor Rp. 32 Miliar Bocor

Berangkat dari hal ini, tambah Wahyudin, maka itu pihaknya selaku LSM Nggahi Rawi Pahu dalam waktu dekat akan mengajukan somasi.

“Kami LSM bergerak membantu pemilik tanah yang sebelumnya meminta bantuan kami untuk menangani masalah ini. Dan usut secara tuntas masalah ini,” tegasnya.(IR3)

BERBAGI