Beranda Pemerintahan Program Kampung KB Wujud Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat

Program Kampung KB Wujud Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat

29

DOMPU, intirakyat.com – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Dompu, melalui Kabid Pengendalian Penduduk dan Penyuluhannya, mengatakan Kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu inovasi strategis untuk implementasikan kegiatan prioritas pembangunan.

Kampung KB merupakan salah satu inovasi strategis untuk implementasikan kegiatan prioritas pembangunan seperti Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KBPK), kesehatan, pertanian, pendidikan, sosial, ekonomi, dan lainnya.

“Untuk meningkatkan kualitas dan tujuan apa saja yang ingin di raih dari Kampung KB untuk masa depan Masyarakat Dompu, itu melalui DPPKB),” ujar Kabid Penggerakan, Penyuluhan dan Pengendalian Penduduk DPPKB Dompu, Yayat Nurhidayat, SKM, Rabu (11/9/2019).

Baca :   HUT BHAYANGKARA ke 72, Kapolres Dompu Bagikan Bingkisan

Yayat menyebut, berdasarkan Laporan Pelaksanaan Program dan Kegiatan di Kampung KB sampai dengan tanggal 31 Agustus 2019, Kampung KB telah dicanangkan sebanyak 19 Desa dari tahun 2017-2018 di seluruh Kecamatan Kabupaten Dompu.

Kampung KB melibatkan seluruh bidang di DPPKB dan bersinergi dengan mitra kerja, stakeholders terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah. Intervensi yang dilakukan oleh berbagai lintas sektor, BUMN, organisasi perangkat daerah, perguruan tinggi, dan lembaga swadaya masyarakat terkait secara berkelanjutan.

Yayat pun memberikan contoh, Kampung KB Wawonduru dgn Brend “Ndai Wawo”, juga sudah merupakan fokus yang dijadikan sasaran untuk memadukan program dan kegiatan secara sistematis untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Desa wawonduru yang sudah merasakan manfaat dari Kampung KB sehingga Lomba LBS, Lomba PHBS dan Hatinya PKK Pemerintah daerah kabupaten Dompu merekomendasikan Desa Wawonduru untuk mewakili Kabupaten Dompu di tahun 2019.

Baca :   Akhir Tahun, Pemda Gelar "Mutasi dan Rotasi" 262 ASN

Kegiatan integrasi Kampung KB membuka ruang bersama mitra kerja, untuk kegiatan yang sangat strategis dan penting untuk menghasilkan komitmen, perhatian, rencana kerja, dan akhirnya implementasi kegiatan untuk masyarakat yang menjadi sasaran lokus Kampung KB.

“Dengan demikian, keberadaan Kampung KB akan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat setempat,” Paparnya.(IR3)

BERBAGI