Beranda Diskomminfo PPID Utama Siap Ikuti Sidang Sengketa di Komisi Informasi

PPID Utama Siap Ikuti Sidang Sengketa di Komisi Informasi

37

DOMPU,intirakyat.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu, Ir Fahruddin A. Wahab, M.Si., mengaku kooperatif terhadap setiap sengketa informasi. Bahkan, pihaknya tengah siap untuk mengikuti sidang sengketa informasi di Komisi Informasi Provinsi NTB. Sikap ini ditunjukannya sebagai langkah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dibawah pimpinannya sebagai Kepala Utama.

Adanya sengketa informasi yang berujung ke meja Komisi Informasi Provinsi (KIP) ini, karena dinilai adanya ketidakterbukaan PPIP oleh masyarakat atau lembaga organisasi tertentu yang sebelumnya mengajukan permohonan informasi public pada PPID utama.

“Hari Senin ini kami dipanggil oleh komisi Informasi Provinsi dan saya akan menghadap. Hal yang wajar ketika ada masyarakat yang merasa tidak puas dengan informasi yang kami berikan sesuai dengan permintaan meraka. Tapi yang jelas ada informasi yang berhak diketahui oleh masyarakat da nada pula informasi yang tidak berhak diketahui oleh masyarakat. Dan itu diatur oleh Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ungkapnya pada media ini, Kamis (13/10/2018) Kemarin.

Baca :   Bappeda : Desa Lepadi Pilot Project Taman Baca Pemda Dompu

Dijelaskannya, sengketa informasi merupakan tahapan masyarakat dalam memperoleh informasi sesuai dengan keinginan dan kegunaannya. Untuk itu, informasi yang diperoleh dari PPID harus digunakan dengan baik dan benar.

“Di hadapan Komisi Informasi kami akan menjelaskan semua tentang informasi yang tidak bisa kami berikan kepada pemohon. Yang jelas kami telah menegaskan bahwa, informasi yang diperolah dari satuan PPID agar tidak disalahgunakan. Karena bisa saja akan dituntut balik ketika disalahgunakan informasi tersebut,” tegasnya.

Fahruddin mengatakan, saat ini pihaknya tengah berhadapan dengan salah satu lembaga atau LSM yang merasa tidak puas dengan informasi yang diperolehnya. Dia meyakini, informasi yang diberikannya kepada pemohon sudah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Sehingga tidak ada unsur kesengajaan atau tidak optimal dalam melayani pemohon informasi. (ADV***)

BERBAGI