Beranda Pemerintahan Pilkades Tahun 2019, ini Penjelasan Kepala BPMPD

Pilkades Tahun 2019, ini Penjelasan Kepala BPMPD

28

DOMPU, intirakyat.com – Tak lama lagi di wilayah Kabupaten Dompu, akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak Tahun 2019. Pesta demokrasi ini akan berlangsung di 23 Desa yang ada di Kabupaten Dompu.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Dompu, Khaeruddin SH mengatakan, tahapan tahapan Pilkades sudah jelas dan tahapan pertama sudah dilewati terutama dalam hal pendaftaran sampai dengan verifikasi kelengkapan bahan calon.

“Sekarang kita menunggu penetapan bakal calon oleh masing masing panitia Desa,” ujar Khaeruddin, saat diwawancarai wartawan ini di kantornya, Rabu (11/9/2019).

Khaeruddin menyebut, kalau bakal calon lebih dari 5 orang, maka sesuai dengan undang – undang nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, bahwa calon kades tidak boleh dari 5 orang. Kalau lebih dari 5 orang, pihaknya akan melakukan penjaringan lagi untuk mendapatkan angka 5 orang.

Baca :   Pasar Ramadhan Terpijar Akan Digelar di Lapangan Karijawa

“Bentuk penjaringannya kami telah melakukan kerjasama. Kami menyurati tim independen Universitas Mataram untuk melakukan seleksi penjaringan terhadap bakal calon yang lebih dari 5 orang. Nanti kita akan datangkan tim itu dan pelaksanaan seleksi itu akan dilaksanakan di Polres Dompu selama satu hari,” jelasnya.

Ditambahkan Khaeruddin, untuk penilaianya dilakukan dengan cara perengkingan atau direngkingkan. Artinya yang diambil nanti, nilai tertinggi sampai berjumlah 5 orang.

”Setelah selesai penjaringan oleh tim independen, maka kami menyurati panitia Desa untuk menetapkan bakal calon kades menjadi calon kades,” paparnya.

Setelah penetapan inilah lanjut Khaeruddin, akan ada kampaye, visi dan misi dan berbagai tahapan lainnya sampai pada pelaksanaan pemilihannya.”Setelah itupun, ada berbagai tahapan lainnya juga,” terangnya.

Khaeruddin juga berharap, pelaksanaan Pilkades nanti berjalan sesuai dengan asas demokrasi, lancer, adil dan transparan, sehingga menghasilkan Kades yang memiliki visi dan misi yang bagus untuk memimpin desa.

Baca :   Lift Kantor Pemda Rusak ?

Mengenai masalah keamanan Pilkades, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Polres Dompu. Bahkan tadi sebagai bentuk koordinasi, tadi pihaknya juga sudah membuka forum diskusi di Polres Dompu yang dihadiri oleh seluruh Kades termasuk Pejabat Kades pada 23 Desa pemilihan termasuk ketua BPD dan Ketua Panitia Pilkades.

“Tujuan diadakan diskusi tadi, dalam rangka menjaring informasi, melakukan pencegahan pencegahan dan menyamakan persepsi terkait dengan Pilkades,” jelasnya lagi.

Mengenai anggaran Pilkades sambung Khaeruddin, itu dibebankan pada masing masing Desa melalui anggaran ADD. Nilai anggarannya pun bervariasi dan tergantung luas wilayah, jumlah penduduk dan letak geografisnya.

”Sementara untuk Kabupaten (Pemda) hanya menyediakan anggaran untuk pencetakan surat suara yang dialokasikan melalui dana APBD,” Tandasnya.(IR3)

BERBAGI