Beranda Lain-Lain Petugas Kebersihan DLH Dompu Pahlawan Kebersihan?

Petugas Kebersihan DLH Dompu Pahlawan Kebersihan?

15

DOMPU, intirakyat.com – Semangat dan antusias para petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu, untuk tetap menjaga kebersihan Daerah Dompu, dari berbagai macam jenis sampah terus bergelora. Mulai pagi hingga malam hari, para petugas kebersihan ini rela berhadapan dengan sampah, debu dan bau bau busuk di sejumlah lokasi yang ada di daerah ini.

“Atas kinerja yang luar biasa ini pun, mereka (petugas kebersihan DLH Dompu) ini layaknya disebut pahlawan kebersihan. Sebab terjaganya kebersihan terutama di wilayah kota Dompu, setiap harinya, itu berkat usaha dan kerja para petugas tersebut,” ujar salah seorang warga Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu, Buhari, saat diwawancaraiw wartawan, Selasa (5/11/2019).

Sementara itu, Kepala DLH Dompu H. Albuhairum, M.Si, kepada wartawan menyebut, jumlah petugas kebersihan yang statusnya pegawai DLH sebanyak 150 orang. Mereka ini, statusnya ada yang ASN, SK Honda dan SK Dinas.

“Dari sekian jumlah petugas ini, ada yang bertugas menyapu jalan dan pengangkut sampah,” ungkap Albuhairum, saat diwawancarai wartawan, Selasa (5/11/2019).

Para petugas lanjut Albuhairum, bekerja mulai pagi, bahkan sampai malam hari. Selain menyapu jalan, mereka ini juga mengakut dan membersihkan sampah baik di tempat tempat penampung sampah, bahkan di got got yang ada di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Dompu.”Mereka ini masing masing memiliki tugas. Dan bekerja secara bergantian,” jelasnya.

Baca :   Ditanya Soal Kesiapan Maju dalam Pilkada 2020, Istri Bupati Dompu Belum Berikan Kepastian

Albuhairum juga menyebut, sampah sampah yang diangkut itu dibawa ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di Desa Lune dengan menggunakan Armada milik DLH Dompu.

“Setiap hari para petugas ini harus mengakut sampah 70 sampai 80 ton perharinya. Dalam satu hari di Kabupaten Dompu ini menghasilkan sampah kurang lebih 100 ton,” katanya.

Menurut Albuhairum, menjadi petugas kebersihan itu tidak mudah dan sangat berat. Apalagi harus berhadapan dengan sampah yang baunya menyengat di sejumlah lokasi yang ada di Dompu.

Dia mencontohkan, seperti tumpukan sampah yang ada di dalam sungai di lokasi pasar Dompu. Para petugas ini dengan begitu semangatnya mengangkut sampah dan membersihkan sungai itu, tanpa risih dengan bau busuk yang sumber di lokasi sungai setempat.

“Jujur, saya sendiri saja sangat mengapresiasi kinerja para petugas keberhasilan. Mereka penuh semangat untuk tetap menjaga agar Dompu bersih dari sampah,” tuturnya.

Baca :   Kodim 1614/Dompu Gelar Koprs Raport Serah Terima Jabatan Perwira

Ditanya jumlah Armada pengakut sampah milik DLH? kata Albuhairum, ada 10 unit mobil truk, 3 unit Ambrol dan 2 unit mobil jenis Pick Up. Berbagai armada inilah yang dipakai setiap harinya untuk mengakut sampah di sejumlah lokasi wilayah Kabupaten Dompu.

“Tahun 2020, rencanannya ada penambahan 2 unit armada (mobil truk). Truk ini akan mengangkut sampah di wilayah Hu’u dan Kempo,” terangnya.

Disinggung mengenai kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan? Albuhairum menegaskan, kesadaran mereka (masyarakat) masih minim. Dan itu terbukti, masih banyaknya sampah yang dibuang sembarangan terutama di lokasi sungai.

“Seharusnya sampah itu jangan dibuang sembarangan, apalagi di lokasi sungai karena akan sangat sulit bagi petugas untuk mengangkutnya. Mestinya sampah itu dibuang pada tempat tempat (kontainer sampah) yang telah disediakan. Kalau tempat itu penuh, buang saja disekitar kontainer, agar mempermudah para petugas kebersihan untuk mengangkutnya,” kata Albuhairum.

Berangkat dari hal ini, Albuhairum menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dompu, untuk tidak membuang sampah sembarangan alias bukan pada tempatnya.”Semoga saja kedepan, masyarakat bisa sadar dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan,” Harapnya.(IR3)

BERBAGI