Beranda Lain-Lain Pemuda Dompu Ngopi Bareng Guru To’i Bahas Eksistensi Untuk Daerah

Pemuda Dompu Ngopi Bareng Guru To’i Bahas Eksistensi Untuk Daerah

90

Dompu, intirakyat.com – Anggota DPRD Provinsi NTB, Akhdiansyah, S.HI atau yang akrab disapa Guru To’i alias Yongki menggelar acara ngobrol pintar (Ngopi) bersama Pemuda dan mahasiswa Kabupaten Dompu, Sabtu (09/11/2019).

Acara yang digelar di gedung Pemuda KNPI Dompu dan dimotori oleh Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Dompu tersebut, membahas tentang eksistensi pemuda terhadap kondisi kekinian daerah Dompu. Guru To’i sebagai pembicara tunggal.

Selain dihadiri oleh pendiri (senior alumni) dan penggerak organisasi PMII, kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh kelompok ormas lainnya seperti HMI dan komponen LSM yang ada di Dompu.

Ketika menyampaikan materi, Guru To’i menyinggung persoalan Kabupaten Dompu yang kini belum berkembang yang terjadi hampir pada seluruh sektor. Kata dia, perlu orang hebat yang memiliki pemikiran modern untuk memajukan Dompu.

Baca :   Suarakan Masalah Hutan Gundul, FRM Tutup Jalan

“Dompu 5-10 tahun kedepan akan maju, saat ini Dompu ibaratkan permata yang belum digosok. Dompu sebenarnya kaya akan potensi seperti Tambang Emas di Hu’u, Gunung Tambora yang sudah menjadi cagar biosfer dunia, tapi itu semua masih butuh sentuhan yang pas agar Dompu lebih maju,” ungkap Guru To’i.

Dalam merangsang pemikiran pemuda, Guru To’i mengatakan pemuda akan menghadapi tantangan globalisasi yang dapat mengancam proses pertumbuhan atau perkembangan negara terutama daerah. Jika tidak berperan aktif dalam melawan arus ini, maka pemuda akan ikut terjerumus dalam persoalan ini. Kata dia, pemuda harus memilih pemikiran yang maju.

Baca :   Amankan Rapat Pleno Tingkat PPK Kecamatan, Anggota Polri dan TNI Dikerahkan

“Pemuda jangan mau bercita-cita jadi PNS, Kepala Dinas atau Kepala Sekolah. Pemuda harus jadi Kepala Desa, Bupati Gubernur bahkan Presiden. Tanamkan jiwa seperti itu sejak sekarang,” ajaknya.

Selain mengajak pemuda untuk berperan aktif dalam menyikapi persoalan dinamika daerah, Guru To’i juga mendapatkan amanah untuk menyelesaikan persoalan konflik lembaga kepemudaan di Kabupaten Dompu.

Masalah kepemudaan menjadi isu hangat dikalangan ormas pemuda di Dompu, dimana payung pemuda (KNPI) terdapat dua versi yang berbeda yang kini sedang bertolak belaka. (IR7)

BERBAGI