Beranda Politik Pemilu 2019, Ini Himbauan Tegas Bawaslu Dompu

Pemilu 2019, Ini Himbauan Tegas Bawaslu Dompu

127

DOMPU, intirakyat.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu, menghimbau kepada seluruh ASN lingkup Pemkab Dompu untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat politik praktis. Hal ini dilakukan Bawaslu dalam rangka menciptakan Pemilu serentak Tahun 2019 yang bersih dan bermartabat.

” Selama tahapan kampanye pemilu 2019 berlangsung hingga Tanggal 13 April nanti, ASN diharapkan menahan diri untuk menjaga nertalitas terhadap semua peserta pemilu,” ujar Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu Drs. Irwan, saat diwawancarai melalui jejaring sosial jenis WhatsApp, Sabtu (23/2/2019).

Baca :   Pilkada Dompu Sepi Politisi

Irwan menegaskan, Bawaslu dengan jajarannya akan tetap mengawasi pergerakan ASN sesuai tingkatan dengan strategi pengawasan guna mencegah tindakan tindakan yg mengarah kepada dugaan pelanggaran.

“Kami mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi membantu bawaslu untuk sama sama menjaga dan mensukseskan Pileg dan Pilpres Tahun 2019,” ajaknya.

Apa sikap Bawaslu jika menemukan adanya ASN yang melanggar aturan ? Kata Irwan, pihaknya dalam hal ini devisi hukum akan melakukan tahapan proses pemanggilan untuk dilakukan klarifikasi, diambil keterangannya, dilakukan kajian apakah dugaan pelanggaran admistrsi atau pidana.

Baca :   Jalan Lintas Lakey Dompu Ditutup, Akhirnya Dibuka

“Di Pilkada Gubernur Tahun 2018 kemarin, ada kades tanju diputuskan bersalah 2 bulan oleh pengadilan. Di Pileg dan Pilpres ini ada aparat desa BPD Baka Jaya diputuskan bersalah oleh pengadilan selama 2 bulan, walaupun hanya dengan didenda subsidair. Tapi masih banyak lagi ASN ASN yang dipanggil klatifikasi dengan dugaan pelanggaran kampanye kampaye di medsos dan terlibat aktif dalam kampanye,” ungkapnya.(IR3)

BERBAGI