Beranda Politik Pemilih Golput, Ketua KPU NTB : Itu Karena Faktor Ketidaksukaan

Pemilih Golput, Ketua KPU NTB : Itu Karena Faktor Ketidaksukaan

46

DOMPU,intirakyat.com – Persoalan munculnya kasus atau sikap masyarakat yang menyatakan diri tidak mau memberikan hak pilih (Golput) dalam berbagai pemilihan umum (pesta demokrasi), itu disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satunya, karena factor ketidaksukaan atau ketidakpuasan terhadap para calon.

”Tapi intinya, pemilih yang tidak memberikan hak suaranya tidak semuanya disebut Golput, melainkan ada hal – hal lain. Contohnya, ada dalam daftar pemilih tapi yang bersangkutan sedang berhalangan atau sedang tidak berada di daerah pemilihan,” ujar Ketua KPU Propinsi NTB Lalu Aksar Ansori melalui pernyampaianya di lokasi acara Temu Media dan Diskusi yang berlangsung di Cafe Uma Tua Dompu, Rabu (12/12/2018).

Baca :   Taman di Dompu Berbenah

Dikatakan Aksar, untuk mengetahui berapa jumlah masyarakat yang tidak memberikan hal pilihnya, itu sangat mudah dan tinggal menghitung berapa tingkat partisipasi masyarakat yang memberikan hak pilihnya.”Jadi dengan cara itu kita bisa tahu berapa jumlah masyarakat yang tidak memberikan hak pilih,” jelasnya.

Namun terlepas dari hal itu lanjut Aksar, pihaknya selaku KPU beserta jajaran dibawah tidak tinggal diam dan tetap melakukan sosialisasi. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Semua ini dilakukan guna mengantisipasi jumlah pemilih yang sebelumnya tidak memberikan hak suaranya dalam pesta demokrasi.”Melalui sosialisasi dan pendekatan secara emosional dengan para pemilih, Alhamdulillah bisa menyadarkan mereka mengenai pentingnya memberikan hak suara,” terangnya.

Baca :   konferensi Pers, Ini Penyampaian LUTFER

Aksar menyebut, jumlah partisipasi pemilih dalam memberikan hak suaranya terbilang cukup meningkat. Hal ini kata Dia, berkat usaha dan kerja keras semua pihak khususnya KPU bersama jajaran dibawah.”Alhamdulillah, jumlah partisipasi pemilih untuk memberikan hak suaranya meningkat. Dan semoga dalam pemilihan serentak Tahun 2019 nanti semua pemilih bisa memberikan hak suaranya masing-masing,” harapnya.(IR3)

BERBAGI