Beranda Pertanian Pangdam IX/Udayana,Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP : Tanam Jagung Boleh, Tapi Jangan...

Pangdam IX/Udayana,Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP : Tanam Jagung Boleh, Tapi Jangan Lupa Jaga Keseimbangan Alam

93

DOMPU, intirakyat.com – Kabupaten Dompu adalah daerah yang terkenal dengan hasil pertanian yang sangat melimpah, salah satunya tanaman jagung yang mampu mengantarkan nama baik Dompu di kanca Nasional. Hampir di sejumlah hamparan alam di daerah ini terlihat hijau dengan tanaman jagung milik para petani di Kabupaten Dompu. Bahkan karena jagung ini pun, pendapatan ekonomi petani Dompu meningkat sehingga petani mendapat kesejateraan yang sangat luar biasa.

Namun dari berbagai hasil pencapaian yang dialami oleh Petani Dompu bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP memberikan masukan dan arahannya kepada seluruh petani jagung yang ada di daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Hal itu terbukti, melalui momentum kegiatan Panen Raya Jagung di wilayah Desa Suka Damai, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu ini, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP meminta kepada seluruh petani di Dompu untuk menjaga keseimbangan alam.” Tanam jagung boleh, tapi harus juga dipikirkan keseimbangan dan kelestarian alam,” ujar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP, saat mengikuti panen raya jagung bersama jajaran Pemda Dompu, Forkopimda, Masyarakat dan para pihak lainnya, Rabu (27/3/2019).

Baca :   Budidaya Rumput Laut, Program Yang 'Terlupakan'

Selain itu, Pangdam IX/Udayana juga meminta kepada Pemerintah Daerah khususnya Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, agar bisa memberikan masukan dan penyadaran kepada para petani jagung di Dompu untuk tidak menggunduli kawasan hutan di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini.

”Mari kita ikuti semboyan Penggadaian yang berbunyi, Selesaikan Masalah Tanpa Masalah. Kita ingin mengswasembadakan jagung dengan tidak mengesampingkan persaoalan lingkungan. Dan ini harus dieduksi masyarakat karena jangan semata kita ingin mengejar keuntungan atau materi tertentu sehingga menimbulkan bencana alam yang tidak kita inginkan,” katanya.

Menurut Pangdam IX/Udayana, kejadian atau pelajaran di Papua harus menjadi pelajaran untuk semuanya. Sebab disana (Papua,Red), masyarakatnya sering menebang pohon di kawasan hutan dan mungkin tidak memprihatinkan keseimbangan alam.”Bersahabatlah Dengan Alam, Maka Alam Akan Menjadi Sahabat Kita,” tuturnya mengutip bahasa Badan Penanggulagan Bencana Daerah (BPBD).

Baca :   Lima Rumah di Sori Utu Terbakar

Lebih jauh Pangdam IX/Udayana, disamping berkarya dan berkonribusi untuk Bangsa dan Negara ini, jangan lupa juga untuk tetap menjaga keseimbangan alam. Sebab hal itu, adalah bagian dari tanggungjawab semuanya.

”Saya yakin masyarakat Dompu ini akan terus maju dan sejatera. Apalagi semenjak kepemimpinan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin telah mampu menurunkan angka kemiskinan yang nilainya cukup membanggakan. Kami TNI akan suport terus selama selama itu berkaitan untuk kesejateraan masyarakat. Terimakasih juga kepada pemerintah yang memberikan kepercayaan kepada TNI yang ada di Dompu untuk membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang muncul di Daerah ini. Mari kita terus jaga sinergitas (TNI, Polri, Pemerintah dan Masyarakat) ini, karena sesungguhnya tidak ada persaoalan yang tidak bisa diselesaikan,” Tandasnya.(IR3)

BERBAGI