Beranda Lain-Lain Organda Dompu Gelar Muscab Ke-V

Organda Dompu Gelar Muscab Ke-V

30

DOMPU, intirakyat.com – Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA) Kabupaten Dompu, Jumat (8/11/2019) menggelar rapat Musyawarah Cabang (Muscab) ke V. Kegiatan ini digelar dalam rangka pemilihan kepengurusan Organda Dompu Tahun 2019- 2024.

Acara yang berlangsung di aula rapat Hotel Tursina Dompu ini, dibuka secara resmi Bupati Dompu Drs. H. Bambang M.Yasin dan dihadiri Ketua Organda Provinsi NTB Mutafa Kamal, Kepala Dishub Dompu bersama jajarannya, Perwakilan Sat Lantas Polres Dompu, Ketua Organda Dompu bersama jajarannya,  dan para pemilik perusahaan angkutan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Dompu, Ir. Syarifuddin MM, mengatakan, acara Muscab ini, selain pemilihan kepengurusan Organda Dompu yang baru. Juga sebagai wadah untuk para pemilik perusahaan angkutan menyampaikan aspirasinya.

“Itulah alasan kenapa kegiatan ini dilaksanakan,” ujar Syarifuddin, saar diwawancarai wartawan di Hotel Tursina Dompu.

Baca :   Musyawarah Kecamatan, Guntur Terpilih jadi Ketua PK KNPI Pekat

Syarifuddin menyebut, mengenai tugas dan fungsi Organda yakni, memupuk dan meningkatkan kesadaran Nasional serta patriotisme para anggota dalam tanggung jawabnya sebagai Warga Negara.

Memperjuangkan aspirasi dan melindungi kepentingan serta mempertinggi derajat para Anggota dan berusaha menempatkannya pada kedudukan yang selaras dengan fungsinya yang vital dalam kehidupan  masyarkat, berbangsa dan bernegara.

Memperjuangkan iklim yang baik dan sehat dibidang usaha angkutan jalan, serta mencegah terjadinya persaingan yang tidak sehat diantara para anggota, dalam rangka  memanfaatkan modal dan keahlian secara optimal dan efisien.

“Membina dan mengembangkan peran serta para Anggota dalam kegiatan Organda,” jelasnya.

Sementara mengenai fungsi Organda lanjut Syarifuddin, yakni
Wadah untuk menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi anggotanya. Wadah Pembina dan pengembangan anggotanya dalam usaha mewujudkan tujuan organisasi.

Wadah peran serta dalam usaha mensukseskan pembangunan nasional. Sebagai sarana komunikasi sosial timbal balik antar anggota dan atau antar organisasi dengan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Baca :   Pelayanan Bank BRI cabang Dompu Dinilai Tidak Maksimal?

“Organisasi kekuatan sosial politik, Badan Permusyawaratan Perwakilan Rakyat dan Pemerintah dan Merupakan badan representative dari dunia angkutan bermotor di jalan dengan Pemerintah dan piha lain, baik di dalam maupun di luar negeri,” paparnya.

Ditanya jumlah angkutan yang beroperasi di Kabupaten Dompu? kata Syarifuddin, AKDP sebanyak 50 unit, AKAP 21 unit, Angdes 45 unit, Angkot 64 unit, Angkutan khusus (sewa) 14 unit dan angkutan barang sebanyak 3024 unit.

“Itulah jumlah angkutan yang beroperasi di Kabupaten Dompu ini,” terangnya sembari menutup komentarnya.

Pantau langsung wartawan ini di lokasi Mucab menyebut, dari hasil pemilihan ini pun akhirnya Zaidun SH terpilih menjadi Ketua Organda cabang Dompu masa kerja 2019-2024.(IR3)







BERBAGI