Beranda Pembangunan Operator Desa di Dompu Dibekali Pemahaman Tentang Internet

Operator Desa di Dompu Dibekali Pemahaman Tentang Internet

64

DOMPU, INTI RAKYAT – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu memberikan bimbingan teknis tentang pemanfaatan jaringan internet bagi operator Desa. Kegiatan yang digelar di Hotel Anisa pada Kamis (01/11/2018) itu, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas operator desa tentang pengelolaan informasi dan komunikasi dalam mengatasi keterbelakangan teknologi internet di pedesaan.

Kadis Kominfo Kabupaten Dompu, Ir Fakhrudin A Wahab M.Si., menyampaikan selain mempunyai manfaat untuk menambah wawasan penggunanya, internet juga sangat bermanfaat dalam menunjang kinerja sistem informasi desa. Adanya jaringan internet, desa dapat mencari berbagai informasi di bidang pemerintahan dan lainnya dengan lebih cepat.

“Sistem informasi desa secara online menjadikan pemerintah desa dapat update data desa dengan mudah serta dapat diakses dengan cepat oleh PPID Utama Dompu dan masyarakat,” ungkapnya saat membuka kegiatan tersebut.

Baca :   Lapak Ramadhan, Pedagang Mengaku Diuntungkan

Dikatakannya, internet juga dapat digunakan sebagai sarana transparansi pengunaan anggaran desa. Sesuai peraturan pemerintah, penggunaan anggaran desa harus transparan. Dengan aplikasi anggaran desa melalui internet, pemerintah desa dapat mengupdate penggunaan anggaran di website desa dan warga bisa memantau realisasi anggaran desa. Dengan menggunakan internet, pemerintah desa bisa dengan mudah menyebarkan informasi kepada seluruh warga desa, seperti berita penting, pengumuman warga, regulasi baru dan lainnya.

“Kami yakin operator desa memiliki kemampuan yang handal dalam pengelolaan internet. Tapi kegiatan ini justru akan menambah wawasan dan kemampuan operator. Sebab bimtek ini juga akan pelajari tentang cara membuat website dan lain-lain,” ucapnya.

Baca :   Diskominfo Gelar Sosialisasi Tata Kelola Informasi Publik

Pada tahun 2020 mendatang, Pemerintah Republik Indonesia melalui Dinas Kominfo Dompu akan membangun tower selular di 9 titik yang dianggap sebagai areal blank spot atau areal yang tidak dapat dijangkau oleh sinyal.

Areal tersebut terdapat di Desa Tolokalo Kecamatan Kempo, Desa Mbawi Dusun Pali Karawe, Kecamatan Dompu, UPT Woko, Kecamatan Pajo, Dusun Nanga Doro, Desa Hu’u Kecamatan Hu’u Rastalo Desa Enca, Kecamatan Kilo, areal Tompo, Doro Ncanga dan Sori Tatanga Desa Sori Tatanga dan Dusun Pancasila Desa Tambora Kecamatan Pekat.

“Semoga bimtek internet bagi operator Desa ini bermanfaat sehinga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat desa,” harapnya. (ADV/Kominfo)

BERBAGI