Beranda Diskomminfo Obyek Wisata Mata Air Hodo Butuh Sentuhan Pemerintah

Obyek Wisata Mata Air Hodo Butuh Sentuhan Pemerintah

66
Obyek Wisata Mata Air Hodo Butuh Sentuhan Pemerintah

DOMPU, INTI RAKYAT.COM- Obyek wisata Mata Air Hodo yang terletak di wilayah Kabupaten Dompu, nampaknya membutuhkan sentuhan pembangunan dan perhatian dari Pemerintah Dompu. Sampai saat ini kondisi fisik mata ait hodo masih terlihat kumu dan sembrawut.

Padahal jika melihat dari potensi wisata, mata air hodo ini kerap kali menjadi obyek wisata yang cukup terkenal dan banyak dimintai serta dikunjungi oleh masyarakat yang ada di berbagai daerah Kabupaten dan Kota. Sebab lokasi ini selain memiliki pemandangan pantai nan indah, juga memiliki mata air yang cukup jernih.”Saya berani mengatakan lokasi ini sangat indah akan panorama alamnya. Ditambah lagi suasananya sangat adem karena banyak pepohonan,” ujar salah satu pengunjung obyek wisata mata air hodo, warga Kabupaten Dompu, ujarnya kepada wartawan, Senin (9/4).

Baca :   Harga Beras Tertahan Rp 11-12 Ribu/kg

Menurut Ridwan, sudah saatnya Pemerintah Kabupaten Dompu fokus dan mengarahkan pemikiranya untuk melakukan penataan dan pembangunan di lokasi mata air hodo. Hal ini dilakukan agar antusias para pengunjung semakin meningkat untuk menikmati keindahan alam obyek wisata tersebut.”Pemerintah harus benar benar serius dalam mengembakan distinasi wisata ini (mata air hodo),” katanya.

Ridwan menyebut, selama ini pemerintah daerah terkesan tidak serius dalam mengembangkan destinasi wisata mata air hodo.”Jujur saya belum melihat adanya sentuhan pembangunan di lokasi ini,” ungkapnya sembari menutup komentarnya.

Sebelumnya, sebagaimana yang ter tera dalam tulisan Geopark Gubung Tambora menyebutkan, mata air merupakan tipe mata air depresi (depresion springs) karena terbentuk akibat permukaan tanah yang memotong muka air tanah (MAT). Mata air ini (mata air hodo) berada pada lapisan batuan andesit yang merupakan hasil pembekuan magma. Dilapangan bantuan ini retak-retak (terkekarkan) dan menjadi jalur keluarnya mata air.

Baca :   SEKDA : Jangan Gunakan Tunjangan Pensiun Untuk Nikah Lagi

Mata air ini, merupakan fenomena geologi yang unik karena berada dibatuan beku andesit yang sifatnya kompak sehingga deformasi pada bantuan sangat berperan dalam menentukan besarnya debit air yang keluar dari dalam tanah. Lokasi mata air ini sangat strategis sebagai tempat persinggahan musafir dari dan ke calabai. Mata air ini pun menjadi daya tarik wisata yang unik karena keberadaanya di tepi pantai, sehingga pengunjung bisa ber-istirahat di lokasi ini sambil menikmati pemandangan laut yang indah.(ADV/Kominfo***)

BERBAGI