Beranda Diskomminfo Obat Kadarluasa di DIKES “Menumpuk”

Obat Kadarluasa di DIKES “Menumpuk”

43

DOMPU,intirakyat.com – Jumlah obat kadarluasa yang ada di Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu menumpuk. Keberadaan obat kadarluasa ini diketahui ada sejak Tahun 2012 sampai 2018.”Obat kadarluasa sangat banyak dan saat ini masih disimpan di gudang obat khusus obat kadarluasa,” ungkap
Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, Abubakar Husaen A.MG, saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya (kantor Dikes), Jumat (12/10).

Abubakar menyebut, obat kadarluasa ini pun bersumber dari.pengadaan obat dari tahun ke tahun. Kondisi ini kata Dia, bukan karena kadarluasa ketika awal dilakukan pengadaan, tapi rentan karena terlalu lama disimpan.”Setiap tahun tetap saja ada obat kadarluasa. Dan ini akibat banyaknya stok obat dalam pengadaan, sehingga sebagian obat tidak semuanya digunakan,” jelasnya.

Baca :   Lift Kantor Pemda Rusak ?

Kenapa obat kadarluasa tidak dimusnakan..? Diakui Abubakar, hal ini masih menjadi kendala yang dirasakan oleh Dikes Dompu. Selain terkendala mengenai anggaran kata Dia, juga minimnya mengenai sarana dan fasilitas untuk memusnakan obat kadarluasa tersebut.

“Yang namanya obat kadarluasa tidak boleh dilakukan secara asal-asalan atau sembarangan. Tapi ada berbagai tahap dan langkah yang harus ditempuh guna mengantisipasi adanya dampak negative,” paparnya.

Apa lagi lanjut Dia, obat kadarluasa ini sudah ada sejak Tahun 2012 hingga Tahun 2018.”Jumlah obat kadarluasa ini sangat banyak. Jadi perlu persiapan matang untuk melakukan pemusnahan obat ini,” terangnya.

Baca :   Optimis, Angka Kemiskinan Dompu 2021 Bisa 9.5 Persen

Lebih jauh Abubakar menegaskan, mengenai pemusnahan obat kadarluasa ini pihaknya selaku Dikes akan membahasanya terlebih dahulu. Termasuk kata Dia, merencanakan seperti apa pelaksanaan pemusnahan ini dilakukan.”Tapi pada intinya, obat kadarluasa ini tetap akan dimusnakan. Nanti mengenai kapan kegiatanya, nanti kami akan infokan kepada wartawan,” janjinya.(ADV***)

BERBAGI