Beranda Lain-Lain Muspika dan Masyarakat Desa Sorinomo Pasang Papan Larangan Penebangan dan Perambahan Hutan

Muspika dan Masyarakat Desa Sorinomo Pasang Papan Larangan Penebangan dan Perambahan Hutan

22

DOMPU, intirakyat.com – Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan Masyarakat Desa Sorinomo, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Rabu (9/10/2019) melakukan kegiatan pemasangan papan berisi pesan larangan (himbauan) untuk tidak melakukan penebangan dan perambahan hutan di sekitar radius mata air yang terletak diatas Desa Sorinomo.

Salah satu Muspika Desa Sorinomo mengatakan, saat ini di beberapa Desa antaralain, Desa Sorinomo, Nangakara dan Desa Beringin Jaya Kecamatan Pekat, sulit mendapatkan air bersih.

“Kondisi ini disebabkan oleh adanya aksi penebangan dan perambahan hutan terutama diarela mata air yang dilakukan orang orang yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Baca :   Pemda Dompu Sambut Kehadiran PANGDAM IX/UDAYANA Berserta Rombongan

Oleh sebab itu, pihaknya memasang papan informasi berisi himbuan untuk tidak melakukan penebangan dan perambahan hutan. Hal ini dilakukan, selain untuk tetap menjaga lokasi areal mata air, juga sebagai bentuk sikap tindak lanjut dari hasil rapat dan kesepakatan Bulan September 2019 lalu, yang isinya menyatakan bahwa radius 500 meter dari samping kiri kanan mata air. Sedangkan diatas mata air radius 3 km.

“Dalam kesepakatan menyebutkan, jika ada yang melanggar kesepakatan tersebut, maka akan diambil tindakan tegas. Sebab akibat aksi penebangan dan perambahan hutan terjadi penurunan debit air di areal mata air,” jelasnya.

Baca :   Kepala BKAD Dipilih Jadi Ketua PC NU Dompu

Sebelumnya dalam kegiatan pemasangan papan himbauan ini, juga hadir Camat pekat, Kapolsek Pekat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Anggota KPH Tambora, Aparat Desa dan Tokoh masyarakat. Hadir pula Humas PT Anggro Wahana Bumi.

Kehadiran PT AWB karena radius mata air tersebut, masih dalam zona wilayah RKT PT AWB. Bahkan dalam momentum ini, pihak PT AWB sepakat untuk menanam kembali hutan yang telah gunduli oleh masyarakat.(IR3)

BERBAGI