Beranda Diskomminfo Modernisasi Pelayanan Perpajakan

Modernisasi Pelayanan Perpajakan

58
Kepala Bidang Pajak dan Retribusi Daerah Bappenda Kabupaten Dompu Arief Hidayatullah, SE.

DOMPU, INTI RAKYAT.COM – Mengandalkan pelayanan dan fasilitas perpajakan yang serba terbatas dan seadanya sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan organisasi perpajakan yang modern dan kekinian.

Sudah menjadi keharusan bagi Pemerintah Daerah untuk membangun organisasi perpajakan daerah yang baik sehingga bisa memenuhi fungsi organisasi perpajakan yang mumpuni.

Era modern seperti sekarang ini, organisasi perpajakan harus mampu mengemban tugas yang cukup berat, selain sebagai penagih pajak, juga harus tampil sebagai pengelola data pajak, pemeriksa pajak, pengawas pajak dan juga sekaligus sebagai pelayanan pajak.

Baca :   Upaya Kementan Wujudkan Ketahanan Pangan Asal Ternak

“Organisasi Perpajakan kekinian harus mampu mengemban semua tugas yang terkait dengan pajak, termasuk pendataan dan perencanaan proyeksi target pencapai pajak,” ungkap Kepala Bidang Pajak Bappenda Kabupaten Dompu Arief Hidayatullah, SE.

Dalam pengelolaan data perpajakan, sambung Arief, tidak dilakukan secara manual. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan basis data, sehingga pelayanan perpajakan bisa dilakukan secara elektronik misalnya e-SKPD, e-Payment dan e-Samsat.

Dalam setiap pelayanan pajak kedepannya Standar Operasional (SOP) pelayanan perpajakan harus disusun sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang ada.“Kami juga akan membentuk unit Complaint center,” bebernya. (ADV***)

BERBAGI