Beranda Sosial Budaya Menunggu Hasil Pemilu Serentak Tahun 2019, MUI Himbau Masyarakat Jaga Perdamaian

Menunggu Hasil Pemilu Serentak Tahun 2019, MUI Himbau Masyarakat Jaga Perdamaian

34

DOMPU, intirakyat.com- Meski pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April Tahun 2019 telah usai, namun pembahasan mengenai hasil pemilu masih terus menjadi pembahasan dan diskusi oleh semua kalangan. Baik itu ditingkat pusat, provinsi dan daerah. Salah satunya di Kabupaten Dompu.

Ditengah maraknya pembahasan mengenai hasil pemilu ini pun, mematik rasa prihatin dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dompu untuk mengajak masyarakat khususnya di Kabupaten Dompu, agar tetap menjaga perdamaian dan rasa persaudaraan antara satu sama lain.

“Sampai hari ini, pembahasan mengenai hasil pemilu terus hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Baik itu dalam pertemuan, maupun lewat jejaring sosial. Ditengah kondisi ini, kami dari MUI Dompu meminta kepada masyarakat agar tetap menjaga silaturahmi dan stabilitas daerah,” ujar Ketua MUI Dompu, DR, KH. Abdullah Arsyad S.Ag, saat diwawancarai wartawan di kantor MUI Dompu, Jumat (2/5/2019).

Abdullah menyebut, pelaksanaan pemilu serentak Tahun 2019 di Kabupaten Dompu berjalan dengan lancar dan sukses. Namun sampai saat ini kata Dia, antusias masyarakat Dompu menunggu hasil resmi pemilu, sangat besar.

“Mengenai hasil pemilu di Kabupaten Dompu ini, mari kita sama sama tunggu hasil pengumuman resmi dari KPU. Jadi jangan percaya dengan isu isu hoax terhadap hasil pemilu karena itu sengaja dimunculkan oleh para oknum yang memiliki niat memecah belah rasa persatuan dan kebersamaan,” ajaknya

Dikatakan Abdullah, KPU adalah penyelenggara pemilu. Dan apapun yang hasil yang diumumkan oleh KPU nantinya, kata Dia, itu adalah hasil resmi yang harus diterima oleh semua kalangan.

“Kita harus percaya akan kinerja KPU bersama jajaran. Karena mereka tetap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional tanpa ada keberpihakan untuk mendukung salah satu paslon dalam pemilu serentak,” katanya.

Menurut Abdullah, penyelenggaraan pemilu serentak Tahun 2019 oleh KPU, itu tidak mudah karena berbeda dengan pemilu – pemilu sebelumnya. Hal itu terbukti, dalam pemilu Tahun ini KPU bersama jajaranya dibawah harus bekerja secara ekstra dan banyak menguras tenaga.

Baca :   MUI Dompu Minta Imunisasi MR Dihentikan Sementara

“Pemilu serentak tahun ini, KPU bersama jajarannya banyak mendapatkan cobaan. Bahkan para penyelenggara pemilu yang ada di Kabupaten Dompu ada yang jatuh sakit dan meninggal dunia,” ungkapnya.

Ditambahkan Abdullah, cobaan yang menimpa KPU bersama jajarannya membuktikan penyelenggaraan Pemilu Serentak itu tidak mudah. Maka itu, penyelenggaraan pemilu serentak kedepannya harus dipikirkan kembali.

“Kami dari MUI Dompu merasa prihatin dengan cobaan yang dialami oleh KPU bersama jajarannya. Maka itu, kalau bisa kedepan tidak usah lagi menyelenggarakan pemilu serentak. Cukup diadakan seperti pemilu tahun tahun sebelumnya. Hal ini agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan,” tuturnya.

Disinggung banyaknya masyarakat yang menyuarakan mengenai adanya dugaan pelanggaran pemilu ? kata Abdullah, itu wajar wajar saja karena hak demkorasi. Tapi terpenting sambung Dia, masyarakat harus tetap mengikuti peraturan dan mekanisme yang ada sebagaimana yang tertuang dalam undang undang pemilu.

“Kalau ada dugaan pelanggaran, laporkan saja kepada pihak pihak terkait termasuk ke Bawaslu. Mari kita percayakan penanganan hukum terkait pelanggaran pemilu kepada mereka. Karena sejatinya Negara kita adalah negara hukum, jadi siapapun yang terbukti bersalah, tentu akan mendapat ganjaran dari apa yang telah diperbuat,” papar Abdullah, sembari menutup komentarnya.

Sebelumnya, kaitan pemilu serentak Tahun 2019 ini pun, juga mendapat tanggapan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dompu.

Sebagaimana pemberitaan yang pernah dilangsir oleh media intirakyat beberapa pekan sebelumnya. Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dompu, Drs. Dahlan Har menyampaikan, agar masyarakat Dompu tidak mudah terprovokasi dan tetap selalu menjaga persatuan serta tali persaudaraan.”Saya selaku Ketua FKUB Dompu meminta masyarakat untuk tetap menjaga persaudaraan dan stabilitas daerah,” ujarnya.

Baca :   Bantu Air Bersih, Sunatan Massal dan Makmurkan Masjid, Bukti Kepedulian Polisi pada Masyarakat

Menurut Ketua FKUB, Pemilu serentak Tahun 2019 adalah pesta demokrasi yang menjunjung tinggi nilai hak- hak demokrasi. Dan itu terbukti, pelaksanaan pemilu serentak khususnya di Kabupaten Dompu berjalan dengan aman dan lancar.

“Alhamdulillah, pemilu serentak di Kabupaten Dompu berjalan dengan aman dan damai. Dan ini juga berkat kinerja Polri dan TNI serta besarnya kesadaran masyarakat,” katanya.

Mengenai apapun hasil Pilpres dan Pileg nantinya, Dahlan menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Dompu untuk tetap bersabar dan tidak mudah terprovokasi oleh hal hal apapun.

“Apapun hasilnya nanti, mari kita terima dengan legowo dan tidak melakukan hal – hal yang bisa mengancam stabilitas daerah dompu. Dan mari kita hargai apapun yang menjadi hasil yang nantinya disampaikan oleh penyelenggara pemilu (KPU),” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul Ilyas M.Si, juga mengatakan, Pilpres dan Pileg di Kabupaten Dompu berjalan aman dan kondusif.”Saya minta agar rasa aman dan kondusif ini bisa selalu tercipta, sehingga stabilitas daerah selalu terjaga,” ujarnya.

Selain itu, Syamsul juga menghimbau masyarakat Dompu agar tetap tenang dan mengkedepankan nilai nilai persaudaraan dan persatuan. Apapun hasil dalam Pilpres dan Pileg yang disampaikan oleh penyelenggara pemilu serentak nantinya,agar bisa diterima dengan baik.

“Saya meminta kepada seluruh masyarakat Dompu agar menjaga stabilitas daerah dan tidak mudah terprovokasi dengan isu hoax yang memecah belah persatuan dan tali persaudaraan,” ajaknya.

Selain itu, Syamsul juga berterimakasih kepada seluruh jajaran Mapolres Dompu dan Kodim 1614/Dompu yang telah sukses untuk mengamankan dan mengsukseskan pelaksanaan pemilu serentak di Kabupaten Dompu.”Alhamdulillah, kelancaran dan kesuksesan pemilu serentak di Dompu juga berkat kinerja Polri dan TNI,” ucapnya.(IR3)

BERBAGI