Beranda Politik Mengenai Anggaran Pilkada 2020, Suherman “ingatkan” Pemda

Mengenai Anggaran Pilkada 2020, Suherman “ingatkan” Pemda

156

DOMPU, intirakyat.com – Mantan Komisioner KPU Kabupaten Dompu, Suherman, S.Pd, belum lama ini mengingatkan Pemda Dompu, mengenai anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Dompu Tahun 2020. Menurut Dia, Pemda harus segera menyediakan plafon anggaran untuk kebutuahan penyelenggara Pilkada tersebut.

“Dalam pasal 166 ayat (1) UU Nomor 10/2016 tentang Pilkada dinyatakan bahwa pendanaan kegiatan Pemilihan Kepala Daerah dibebankan kepada APBD dan dapat didukung APBN sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” jelas Suherman, Sabtu (29/6/2019).

Suherman menyebut, karena Pilkada dibebankan pada APBD maka kewajiban Pemda untuk menyediakannya. Sepengetahuan Dia, Saat ini Pemda Kabupaten Dompu sedang melakukan persiapan penyusunan anggaran APBD-Perubahan Tahun Anggaran 2019 dan APBD Tahun Anggaran 2020, agar tidak lupa dan luput menyediakan plafon anggaran untuk Pilkada Dompu 2020.

Baca :   Jabatan Lowong Pemgaruhi Kinerja Pelayanan Pemerintah

“Anggaran Pilkada Dompu 2020 disiapkan untuk dua tahun anggaran, yaitu anggaran 2019 dimulai pada september. Dimana pada saat itu mulai tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan di Tahun 2020,” paparnya.

Suherman menyarankan, kepada penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu Dompu agar segera menyusun dan mengajukan usulan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Pilkada kepada Pemda.

Meskipun tahapan program dan jadwal Pilkada 2020 masih draf yang sedang diuji publik oleh KPU, namun dapat dijadikan sebagai rancangan awal menyusun anggaran. Tentunya dalam RAB yang disusun tersebut berpedoman pada prinsip efektif dan efisien.

Baca :   Ini Tujuan dan Sasaran Kesbangpoldagri

Maka itu, Pemda dan penyelenggara pemilu duduk bersama, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan kebutuhan anggaran Pilkada sejak awal agar nanti bisa dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sesuai jadwal.

“Kita berharap nantinya penyelenggaran Pilkada Dompu 2020 berjalan lancar tanpa kendala biaya,” Harap Suherman.(IR3)

BERBAGI