Beranda Pemerintahan Mengenai ADD dan DD, ini Penjelasan BPMPD

Mengenai ADD dan DD, ini Penjelasan BPMPD

164

DOMPU,intirakyat.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupate Dompu, menyebut jumlah Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar RP 61 Miliar lebih dan Dana Desa (ADD) RP 70 Miliar lebih Tahun 2019. Anggaran ini diperuntukan bagi 72 Desa yang ada di Kabupaten Dompu.

“Itulah jumlah keseluruhan ADD dan DD Tahun 2019 ini,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) pemerintah desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Dompu, Muhammad Ali, saat di wawancarai wartawan ini, Selasa (9/7/2019).

Dijelaskan Ali, mengenai realisasi ADD dan DD semester pertama masih ada dua desa yakni, Desa Doromelo dan Desa Raba Baka. Kalau untuk Desa Doromelo menurut informasi kendala adanya masuk di APBDes Dana Desa kaitan dengan pembangunan kantor Desa.

Baca :   Efek Pindah Kantor, Pelayanan Dukcapil Terhambat

“BPD dan masyarakat tidak menyetujui adanya pembayaran kembali tanah (tempat) pembangunan kantor Desa, padahal sebelumnya tempat (lahan) itu sudah dibayar dan ada sertifikatnya di bagian Tatapem Setda Dompu, sehingga APBDes itu oleh BPD menolak item itu mengakibatkan pembahasan APBDes terlembat,” bebernya.

Kaitan Doromelo ini pun, lanjut Ali, besok atau lusa akan diberikan surat rekomendasi dari Camat.”Setelah inilah pencairan ADD dan DD semester pertama dapat dilakukan,” katanya.

Sementara Desa Rababaka kata Ali, itu terkendala karena pemeriksaan khusus masalah pengakatan BPD yang saat ini masih ditangani Inspektorat.

Baca :   Pengelolaan Keuangan Desa, Bupati : Ikuti Prosedur Untuk Hindari Korupsi

“Masalah tersebut sehingga membuat Desa itu terkendala pencairan semester pertama,” terangnya.

Mengenai pencairan semester dua ADD dan DD, sambung Ali, sudah ada beberapa Desa yang memasukan bahan untuk pengurusan pencairan semester dua tersebut.

“Sampai saat ini ada beberapa Desa yang mengajukan APBDes semester pertama untuk kebutuhan pencairan semester kedua,” jelasnya.

Lebih jauh Ali menyebut, intinya dari 72 Desa yang ada di Kabupaten Dompu ini, ada 2 Desa yang belum melakukan pencairan semester pertama ADD dan DD. “Sementara sisanya (Desa lainnya) sedang dalam proses pengurusan pencairan semester dua ADD dan DD,”Paparnya.(IR3)

BERBAGI