Beranda Parlemen Bicara Masih Ada Harapan Dompu Dapat APBD Perubahan

Masih Ada Harapan Dompu Dapat APBD Perubahan

150
LOGO DPRD,.

DOMPU, INTI RAKYAT – DPRD Dompu memungkinkan adanya kesempatan bagi Kabupaten Dompu untuk mendapatkan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2018. Itu akan terwujud ketika Kepala Daerah Bersama DPRD duduk kembali dan berkomunikasi dengan Gubernur NTB.

 

Anggota Badan Anggaran DPRD Dompu, Kurnia Ramadhan, mengatakan surat yang disampaikan oleh Gubernur NTB kepada Bupati Dompu perihal pengembalian dokumen rancangan Perda Perubahan APBD tahun anggaran 2018 tersebut, bersifat normatif. Menurutnya itu hanya dikembalikan bukan ditolak atau dibatalkan.

 

Pengembalian dokumen rancangan Perda APBD P 2018, Gubernur juga memperhatikan Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2005. Dimana ada tiga yang harus dilakukan oleh gubernur, yang salah satunya melakukan evaluasi dan hasil evaluasi itu diperbaiki ditindaklanjuti oleh DPRD bersama TAPD Banggar.

Baca :   Memahami Fungsi DPRD dan Pelaksana Pemerintahan di Daerah

 

“Dalam hal ini sebenarnya Gubernur bersikap normatif, hanya mengembalikan tidak membatalkan, persoalan terlambat ada sanksi namun tidak bisa menghalangi penyelenggaraan pemerintahan. Itupun diperbolehkan dalam PP itu. Bupati atau Kepala Daerah dan DPRD bersama-sama untuk memecahkan persoalan ini dengan berkomunikasi dengan Gubernur,” ungkapnya saat ditemui oleh media ini Senin (29/10/2018).

 

Dikatakannya, memang selama ini Kabupaten Dompu sering terlambat dalam pembahasan APBD, dan ada batas toleransinya. Terlebih saat ini banyak SKPD yang telah melakukan pembelanjaan duluan dengan merujuk pada APBD P. Sehingga perlu adanya upaya agar pelayanan Pemerintah tidak kacau balau.

Baca :   Terkait “penolakan” Pasien BPJS, RSUD Akui Kesalahan

 

“Pertimbangan rasionalnya dengan kebutuhan yang mendesak, saya kira Bupati dan DPRD harus komunikasi lagi. Apalagi kita sudah melakukan pembahasan KUA PPAS jauh sebelum tiga bulan tahun anggaran berakhir. Saya kira ini masih ada toleransi yang penting Bupati dan DPRD mau komunikasikan kembali,” ujarnya. (IR7)

BERBAGI