Beranda Politik KPU Gelar Launcing Pilkada 2020

KPU Gelar Launcing Pilkada 2020

22

DOMPU, intirakyat.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Sabtu (2/11/2019) menggelar launcing Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2020.

Acara yang berlangsung di halaman kantor KPU Dompu ini dihadiri Ketua KPU Provinsi NTB Suhadi Su,ud, Asisten 1 Pemda Dompu Drs.H.Surdiman Hamid M.Si, Ketua KPU Dompu Drs Arifudin AK dan Beberapa Anggota DPRD Dompu.

Hadir pula dalam momentum ini, KASDIM 1614/ Dompu Mayor Czi Edy Gustaman, Wakapolres Dompu Kompol Nurdin Seneng SH, Kajari Dompu diwakili Kasubag BIN Abdul Kadir SH, Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan, FKPD Dompu, Perwakilan OPD Se- Kabupaten Dompu, Ibu Persis 1614 / Polser Dompu, Masyarakat Kabupaten Dompu dan undangan lainnya.

Menariknya dalam acara diawali dengan Gerak Jalan Santai dan Pelepasan Sepeda Santai. Setelah itu, dilanjutkan dengan senam Jumba bersama di halaman kantor KPU Dompu. Usai ini pun, dilanjutkan dengan pembukaan Louching Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Tahun 2020 ditandai dengan dibukanya tirai Maskot.

Ketua KPU Dompu, Arifudin AK, melalui sambutanya mengatakan, hari ini semua berkumpul dalam momentum acara tahapan Pilkada 2020.

“Kami ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya dalam mensukseskan acara ini,” ujarnya.

Momentum ini kata Arifudin,
menandakan bahwa tahapan Pilkada telah mulai dilaksanakan dan ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah antara pemerintah Kabupaten Dompu melalui Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dengan KPU Dompu, pada tanggal 1 Oktober 2019 yang lalu.

“Kemudian kami langsung menindaklanjutinya dengan menyusun dan menetapkan tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Dompu Tahun 2020,” jelasnya.

Arifudin menyebut, kegiatan laucing ini sengaja dilaksanakan secara sederhana di tempat terbuka, agar seluruh lapisan masyarakat memahami dan mengetahui seluruh rangkaian tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu.

Arifudin juga menyebut, tingkat partisipasi Kabupaten Dompu dalam pemilihan pemilu serentak Tahun 2019 mencapai 89,39 persen. Partisipasi ini diharapkan bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan.

“Angka partisipasi ini tertinggi di NTB. Dengan tingginya partisipasi masyarakat akan melahirkan pemimpin yang memiliki legitimasi dari masyarakat ,” ungkapnya.

Baca :   How to drive growth through customer support

Diakui Arifudin, sebelum kegiatan laucing ini dilaksanakan, pihaknya selaku KPU telah melaksanakan lomba cerdas cermat tentang kepemiluan yang diikuti oleh siswa siswi SMA, SMK dan MA yang ada di seluruh Kabupaten Dompu.

“Alhamdulillah kegiatannya (lomba cerdas cermat) sudah selesai dan hari ini akan diserahkan hadiahnya kepada para pemenang,” terangnya.

Lebih jauh Arifudin mengajak semuanya, bergandengan tangan bersama sama menjaga situasi dan kondisi daerah agar tetap aman serta damai.”Semoga pelaksanaan pesta demokasi (Pilkada 2020) nanti berjalan sukses dan lancar,” harapnya.

Ketua KPU Provinsi NTB, Suhadi Su,ud, melalui sambutanya juga dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan launcing ini adalah bukti kesuksesan dari sebuah proses oleh KPU Dompu.

Hal ini dibuktikan, karena dari awal dari proses menegosisasikan dan merencanakan anggaran serta berkomunikasi dengan Pemda berjalan dengan sukses. Bahkan Pemda, DPRD mengapresiasi, merespon dan sangat menerima anggaran yang ditawarkan oleh KPU Dompu.

“Karena itulah, hari ini kita bisa berkumpul dan menjalankan suatu agenda yang menandakan bahwa pemilihan kepala daerah di dompu bukan sesuatu yang angan angan, tetapi kerja nyata. Ketika kita launcing hari ini, maka bersiaplah bagi yang berniat menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati, baik calon perseorangan atau dari partai politik,” katanya.

Suhadi menyebut, pada Tanggal 23 September 2020, sebanyak 7 Kabupaten/Kota di NTB, termasuk Kabupaten Dompu, akan melaksanakan pemilihan kepala daerah.

“Ketika kita melaksanakan launcing hari ini, maka kita optimis bahwa 2020 akan berlangsung pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,” jelasnya.

Suhadi juga menyebut, semoga tingkat partisipasi pemilih yang tinggi di masyarakat, akan terus bertambah. Dan tentu ikhtiar itu, akan terus dijalankan dan diupayakan, agar memastikan hak politik masyarakat Dompu yang sudah memenuhi syarat, itu bisa digunakan pada Tanggal 23 September Tahun 2020.

“Partisipasi semakin tinggi, maka Bupati dan Wakil Bupati yang dilahirkan itu, semakin bisa dipercaya publik. Siapapun yang terpilih, ketika partisipasi tinggi, maka itu sudah bisa diterima oleh seluruh masyarakat Dompu. Semoga partisipasi yang tinggi ini, bisa terus ditingkatkan,” paparnya.

Dalam momentum ini pun, Suhadi juga menyebut mengenai simbolisasi (maskot) kuda yang digunakan. Kuda ini menurut Dia, adalah suatu hewan yang sangat dinamis bisa berfungsi sebagai alat pengakut dan juga bisa digunakan sebagai alat dalam proses panen.

Baca :   ARM “sorot” Penggunaan Dana Prusda

“Tetapi yang paling penting dalam diri kuda itu melahirkan susu yang kemudian menjadi terkenal dengan susu kuda liar. Inilah alasan kenapa hewan kuda ini dijadikan simbolisasi di dompu, bima dan sumbawa (pulau sumbawa). Artinya secara fisik, dia lincah dan banyak manfaatnya,”

“Bahkan mengalir kemanfaatan untuk kesehatan bagi umat manusia. Jadi sudah tepatnya kalau di katakan Simajur (Mandiri dan Jujur) yang artinya penyelenggara pemilu, baik itu KPU maupun Bawaslu harus senantiasa menempatkan diri dalam posisi mandiri dan tidak bisa di intervensi siapapun,” terangnya.

Diakui Suhadi, pihaknya kemarin datang di KPU dompu meresmikan RPP Digital. Artinya, informasi bisa diakses melalui HP masing masing. Lebih jauh Dia juga mengapresiasi kegiatan lomba cerdas cermat yang rutin diselenggarakan oleh KPU Dompu.

“Ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan partisipasi dan memberikan pemahaman bahwa demokrasi pemilu adalah kesepatakan bersama bangsa Indonesia untuk terus dikembangkan, sehingga siswa dan siswi sekolah dipahamkan dengan makna dan esensi demokrasi. Karena merekalah generasi kedepan,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten I Pemda Dompu, Drs H.Sudirman Hamid M.Si, melalui sambutanya juga berharap kepada Balon Bupati dan Wakil Bupati Dompu, untuk senantiasa menciptakan kondisi yang aman.

Untuk diketahui, Pemerintah Daerah sudah mengumumkan anggaran yang telah disosialisasikan pada saat Rapat Pembentukan Kepanitiaan.”Mudah mudahan penyelenggaraan Pemilu nanti aka berjalan lancar dan aman,” katanya

Lebih jauh Dia juga meminta, kepada pihak keamanan khusunya Polres dan Kodim 1614/Dompu supaya benar- benar melaksanakan tugasnya dengan baik dalam pelaksana pemilihan kepala daerah Nantinya.

“Ada dua kesuksesan dalam pesta demokrasi. Yakni disiplin dan partisipasi masyarakat supaya menjadikan pemilu yang aman dan damai,” terangnya.

Usai penyampaian sambutan Asisten I Pemda Dompu ini pun, dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan antaralain,
Hiburan dan Pembagian Hadiah LCC dan Pembagian Piagam Penghargaan serta rangkaian kegiatan menarik lainnya.(IR3)

BERBAGI