Beranda Pendidikan Kodim 1614/Dompu Lepas Keberangkatan Pramuka SWK Binaan

Kodim 1614/Dompu Lepas Keberangkatan Pramuka SWK Binaan

63

DOMPU, intirakyat.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1614/Dompu, Kamis kemarin (20/6/2019) melepas keberangkatan Pramuka Saka Wira Kartika (SWK). SWK binaan Kodim 1614/Dompu ini dilepas untuk mengikuti kegiatan Perkemahan Sabtu -Minggu (Persami) terpusat TK Daerah di Korem 162/Wira Bhakti.

Kegiatan ini pun, rencananya akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Desa Karang Bayan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat (Lobar ) NTB mulai Tanggal 22 sampai 23 juni Tahun 2019.

Keberangkatan Pramuka SWK ke Korem 162/Wira Bhakti ini pun secara langsung didampingi Anggota Kodim 1614/Dompu Sertu Jubaedin dan Sertu Bambang dengan menggunakan Bis Dinas Kodim 1614/Dompu.

Dandim 1614/Dompu, Letkol CZI Arief Hadiyanto S.IP, mengatakan,
Diperlukan kemandirian keulatan dan kerjasama untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan.

Baca :   SURAT EDARAN BUPATI DOMPU TENTANG HARI LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA LINGKUP PEMERINTAH KABUPATEN DOMPU

“Jagalah kesehatan, ikuti arahan dari pembina dan selalu menjaga kekompakkan tim dan tetap semangat kepada para pembina untuk selalu mendampingi dengan baik dan ajarkan kembali Dasa Darma,” ujar Arief.

Arief menyebut, Saka atau Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca :   Revitalisasi Tradisi Berorganisasi, HMI Gelar Dialog Bersama Pelajar

“Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai,” jelasnya.

Ditambahkan Arief, Saka Wira Kartika dibentuk berdasarkan Keputusan Bersama antara TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/X/2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 tentang Kerjasama dalam Usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan.

“Diperkuat dengan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 13/Munas/2008 tentang Satuan Karya Pramuka Wira Kartika. Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika,” paparnya.(IR3)

BERBAGI