Beranda Pembangunan Ketua TIM WASEV TMMD Mabes TNI Kunjungi Kodim 1614/Dompu

Ketua TIM WASEV TMMD Mabes TNI Kunjungi Kodim 1614/Dompu

61

DOMPU, intirakyat.com –  Mabes TNI melalui Ketua TIM Pengawasan dan Evaluasi (WASEV) Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 Tahun 2019, Brigjen TNI Hendrawan, S.IP bersama rombongan yakni Pabandya 2/Anev Letkol Arm Budi Wahyono SH dan Pasiter 162/WB Mayor Inf Jalal Bin Saleh , Kamis (21/3/2019) melakukan kunjungan (menyambagi) Kodim 1614/Dompu.  Hal ini dilakukan dalam rangka melakukan pengawasan dan evaluasi TMMD 104 Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kodim 1614/Dompu bersama jajaranya di Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu.

Kehadiran  Ketua WASEV TMMD, Brigjen TNI Hendrawan, S.IP bersama rombongan di Makodim 1614/Dompu ini pun disambut Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD 104 Kodim 1614/Dompu (Dandim 1614/Dompu) Letkol (ZCI) Arief Hadiyanto S.IP dan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M.Yasin serta pihak lainnya. Menariknya dalam penyambutan ini pun, Ketua MASEV TMMD, Brigjen TNI Hendrawan, S.IP disambut dengan tarian adat budaya daerah Dompu dan Bima yang diperagakan oleh salah satu sanggar di Dompu. Tidak hanya itu, Ketua MASEV TMMD, Brigjen TNI Hendrawan, S.IP disambut seluruh anggota TNI Kodim 1614/Dompu.

Ketua WASEV TMMD, Brigjen TNI Hendrawan, S.IP Tatap Muka Dengan KODIM 1614/Dompu, Pemerintah dan Forkopinda di Posko Satgas TMMD 104 Kodim 1614/Dompu

Setelah tiba di Posko Satgas TMMD 104 Kodim 1614/Dompu (Makodim 1614/Dompu), Ketua WASEV TMMD, Brigjen TNI Hendrawan, S.IP bersama rombongan, langsung bertatap muka dengan Dandim 1614/Dompu Letkol (ZCI) Arief Hadiyanto S.IP beserta jajaran Kodim 1614/Dompu. Hadir pula dalam  momentum ini yakni, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Ketua DPRD Dompu Yuliadin S.Sos, Kapolres Dompu AKBP Erwin Suwondo S.IK, M.IK, Kejari Dompu, Kepala Kemenag Dompu Drs H. Syamsul Ilyas M.Si, Kepala BPMDes Dompu H. Supardi S.Sos dan undangan lainnya.

Dalam momentum ini, Dandim 1614/Dompu (Dansatgas TMMD 104 Kodim 1614/Dompu) Letkol (CZI) Arief Hadiyanto S.IP, memaparkan berbagai porsentase kegiatan fisik dan non fisik TMMD 104 Kodim 1614/Dompu yang dilaksanakan oleh satgas TMMD Kodim 1614/Dompu. Dia menyebut, mengenai kegiatan non fisik TMMD 104 sudah dilaksanakan oleh pihaknya antaralain, sosialisasi wawasan kebangsaan, bahaya narkoba dan beberapa kegiatan non fisik lainnya yang digelar di wilayah Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa.

Sementara itu untuk kegiatan fisik TMMD 104 lanjut Dia, yakni ada 13 titik sasaran lokasi TMMD 104 yang tersebar di Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa.”Alhamdulillah, berbagai pekerjaan fisik TMMD 104 rata rata ada yang 85 persen, 89 Persen dan 91 persen,” jelas Dandim 1614/Dompu (Dansatgas TMMD 104 Kodim 1614/Dompu) Letkol (CZI) Arief Hadiyanto S.IP.

Baca :   Polres Dompu Gelar Pucak Festival dan Deklarasi Millennial Road Safety

Berbagai pekerjaan fisik TMMD 104 Kodim 1614/Dompu di Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa antaralain,  Pembangunan Musholla Al Ikhlas (7×8 M), Pembangunan Talut (1,5 x 40 M), Pembukaan jalan (6×600 M), Pembukaan Jalan (6×900 M), Rehab Musholla Nurul Asyah (5×6 M), Pembukaan Jalan (6×1.500 M), Pembuatan gorong gorong dan Deker 2 unit, Pembuatan Jembatan (1,5×6 M), Rehab Musholla Bani Abbas (6×9 M), Pembuatan gorong – gorong dan deke 1 unit, Pembukaan jalan (5×2.600 M), Pembuatan Jembatan 2 unit (5×6 M) dan Pembuatan gorong gorong dan Deker 1 unit.

“Berbagai pekerjaan sarana fisik ini pun menunjukan progres peningkatakan yang luar biasa. Dan kami pastikan semua pembangunan ini selesai beberapa hari lagi tepatnya sebelum kegiatan penutupan TMMD 104,” katanya.

Disela waktu, Ketua WASEV TMMD, Brigjen TNI Hendrawan, S.IP, melalui penyampaianya mengatakan, pihaknya mengapresiasi kinerja Kodim 1614/Dompu (Satgas TMMD 104) dalam menuntaskan program TMMD 104 Tahun 2019.

“Kami dari Tim WASEV TMMD sangat mengapresiasi dan bangga melihat kinerja Satgas TMMD Kodim 1614/Dompu dalam menuntaskan program TMMD 104,” ujarnya.

Dia menyebut, berbagai pekerjaan pembangunan fisik TMMD 104 di Desa Teka Sire dan Desa Lanji Jaya, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu oleh Kodim 1614/Dompu (Satgas TMMD) luar biasa, termasuk pelaksanaan pekerjaanya.”Kodim 1614/Dompu (Satgas TMMD) luar biasa dalam menuntaskan program TMMD ini. Selain pekerjaannya sangat cepat, juga kualiatas pekerjaan tidak diragukan,” tuturnya.

Selain itu lanjut Dia, pihaknya selaku tim WASEV TMMD berterimakasih atas dukungan Pemda Dompu terutama dalam hal menyediakan anggaran untuk membiayai berbagai pembangunan dalam program TMMD 104 Kodim 1614/Dompu.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemda Dompu khususnya Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, yang telah berkotribusi dalam mengsukseskan program TMMD 104 ini,” ucap Ketua WASEV TMMD, Brigjen TNI Hendrawan, S.IP.

Disela waktu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, melalui penyampaiannya juga mengatakan, pihaknya selaku pemerintah sangat mengapresiasi kinerja TNI khususnya Kodim 1614/Dompu atas dedikasinya melalui program TMMD 104 Tahun 2019.

“Kecintaan TNI terhadap rakyatnya bukan hanya sekedar wacana belaka. Akan tetapi kecintaan itu juga terbukti melalui program TMMD 104 yang dilaksanakan oleh Kodim 1614/Dompu,” ujarnya.

Bupati menyebut, program TMMD mampu memberikan kontribusi besar untuk daerah dan masyarakat di Kabupaten Dompu khususnya masyarakat di Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa yang menjadi sasaran lokasi TMMD tersebut.

Baca :   Pemda Dompu Sambut Kehadiran PANGDAM IX/UDAYANA Berserta Rombongan

“Berbagai kegiatan non fisik dan fisik dalam program TMMD 104 ini memberikan banyak manfaat untuk masyarakat. Salah satunya, berbagai pembangunan (sarana fisik) yang dibangun dalam program TMMD mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya bagi para petani. Dan berbagai pekerjaan pembangunan dalam TMMD mampu mengalahkan pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor. Sebab ketika pembangunan dikerjakan TNI itu mampu menghemat anggaran. Walaupun anggaran sedikit, namun kualitas berbagai sarana pembangunan yang dibangun oleh TNi tidak diragukan akan kualitasnya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyebut, Kodim 1614/Dompu juga berperan penting dalam meningkatkan dunia pertanian di wilayah Kabupaten Dompu.”Dompu terkenal dengan hasil tanaman jagungnya. Dan kemajuan ini tidak terlepas dari kinerja TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas daerah,’ terangnya.

Lebih jauh Bupati menambahkan, melalui program Terpijar pemerintah daerah Dompu, salah satunya Jagung, mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat khususnya para petani di Kabupaten Dompu.

“Alhamdulillah, dengan jagung ini kesejateraan petani cukup luar biasa tercukupi. Sampai saat ini terus jagung di Dompu terus di ekspor ke negara luar salah satunya Filipina. Ini menunjukan bahwa dompu paling tertinggi dalam memproduksi jagung,” paparnya.

Tidak hanya itu, sambung Bupati, angka kemiskinan di Dompu sampai saat ini menurun. Dan ini kata Dia, tidak terlepas dari adanya program Terpijar salah satunya tanaman jagung yang mampu memberikan kontribusi besar terhadap daerah dan masyarakat.

“Untuk diketahui bahwa angka kemiskinan di Dompu ini menurun. Ini berkat kerja keras pemerintah dan semua pihak, sehingga dompu mampu menurunkan angka kemiskinan,” tuturnya.

Sementara itu, disela waktu juga, Ketua DPRD Dompu Yuliadin S.Sos, mengatakan, pihaknya selaku DPRD Dompu sangat mengapresiasi kinerja TNI khususnya Kodim 1614/Dompu terutama dalam hal pelaksanaan TMMD 104 di Desa Teka Sire dan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa.

“Kami DPRD Dompu sangat mendukung apa yang dilakukan oleh TNI khususnya Kodim 1614/Dompu. Karena apa yang dilakukan TNI mampu memberikan kemudahan bagi rakyatnya khususnya masyatakat Dompu,” katanya.

Lebih jauh, Dia berharap, semoga kedepan program TMMD ini akan terus ada. Sebab kata Dia, program ini mampu memberikan kontribusi besar terutama di wilayah pedesaan di Kabupaten Dompu.”Semoga program TMMD ini akan terus ada,” harap Ketua DPRD Dompu Yuliadin S.Sos.(IR3)

BERBAGI