Beranda Hukum Keterbukaan Informasi Pemda Mengecewakan, ICI Ajukan Sengketa ke KI NTB

Keterbukaan Informasi Pemda Mengecewakan, ICI Ajukan Sengketa ke KI NTB

117

DOMPU, intirakyat.com – Lembaga Insan Cita Institute (ICI) Kabupaten Dompu, belum lama ini secara resmi telah mengajukan dokumen (surat) permohonan Sengketa kepada Komisi Informasi Provinsi (KI) Provinsi NTB.

Hal ini dilakukan ICI berdasarkan surat keberatan dengan nomor surat 003/Dompu/ICI/2019 tertanggal 22 Mei 2019 atas tidak ditanggapinya permohonan informasi public.

“Sesuai dengan undang undang nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi public atasan pejabat pengelola informasi public memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan oleh kami selaku pemohon informasi dalam jangka waktu 30 hari kerja sejak diterimanya keberatan, maka kami dari ICI telah mengajukan permohonan sengketa. Hal ini karena PPID Sekertaris Daerah (Setda) Dompu tidak menanggapi dengan baik permohonan yang diajukan oleh kami,” ungkap Ketua ICI Dompu, Slamat Abadi Sentosa S.Pd, saat diwawancarai wartawan ini, Kamis (15/8/2019).

Baca :   Ini Rencana Aksi KPK Tahun 2018

Diakui Slamat, sebelumnya pihaknya mencoba mengajukan permohonan informasi mengenai File Copy atau Salinan APBD Setda Dompu mulai tahun anggaran 2016, 2017, 2018 dan 2019. Namun sayangnya, hal ini tidak diindahkan oleh pihak Pemda setempat.

”Hal inilah sehingga kami memutuskan untuk mengajukan permohonan sengketa,” jelasnya.

Slamat menilai, Kabag Humas sebagai Sekertaris PPID utama dan Perangkat lainnya telah gagal mewujudkan keterbukaan informasi. Hal itu terbukti kata Dia, sudah dua kali ICI melakukan sengketa di KIP NTB.

Disinggung apa respon KI NTB ? kata Slamat, melalui surat nomor 050/KINTB/PSI-C/VIII/2019 Tanggal 17 agustus 2019 perihal pemanggilan siding penyelesaian sengketa informasi publik, KI NTB meminta ICI Dompu untuk menghadiri sidang penyelesaian sengketa informasi public dengan nomor sengketa 012/KINTB/PSI-REG/VII/2019 antara ICI Dompu selaku pemohon dengan Sekertaris Daerah Kabupaten Dompu sebagai termohon.

Baca :   Dugaan Penyalagunaan APBDes, Satgas Dana Desa Laporkan Mantan Plt Kades Malaju

“Sidang akan berlangsung di ruang sidang KI Provinsi NTB, Senin 19 agustus 2019 pukul 10.00 wita dengan agenda sidang pemeriksaan awal ,” Terangnya mengutip surat dari KI Provinsi NTB.(IR3)

BERBAGI