Beranda Sosial Budaya Kemenag, MUI dan FUI Gelar Safari Jum’at

Kemenag, MUI dan FUI Gelar Safari Jum’at

83

DOMPU, intirakyat.com -Kementerian Agama (Kemenag) bersama Majelas Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Umat Islam (FUI) Kabupaten Dompu, Jumat (5/4/2019) menggelar kegiatan safari juma’at di seluruh Masjid yang ada di Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu. Kegiatan ini digelar dalam rangka lanjutan dari kegiatan safari jumat yang sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Hu’u guna menyikapi Kejadian Luar Biasa (KLB) Bunuh Diri yang terjadi di Kabupaten Dompu.

Khatib, Ustadz Muhammad Taqiyuddin, S.Pdi, melalui Khutbahnya, mengajak para umat agar jangan mudah putus asa. Karena Allah SWT maha rahman dan maha rahim.” Kejadian bunuh diri sama halnya manusia tidak menyayangi dirinya sendiri, sehingga mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri,” ujarnya.

Ustadz Muhammad Taqiyuddin menyebut, Allah SWT dan Rasulullah sudah menegaskan mengakhiri hidup dengan bunuh diri dilarang keras dan tidak dibenarkan.”Tutur kata yang baik antar suami, isteri dan orang tua dengan anak harus dengan baik, peran orang tua, pendidik dan semua pihak sangat dibutuhkan dikalangan umat dalam kehidupan,” sarannya.

Lebih jauh, Ustadz Muhammad Taqiyuddin juga mengajak, seluruh umat untuk berdoa kepada Allah SWT agar Bangsa dan Negara Indonesia aman dan damai. Apalagi kata Dia, pesta demokrasi (pemilu serentak) tak lama lagi akan berlangsung.

Baca :   Siswi Madrasah Alyah di Hu'u Diperkosa 3 Pemuda

“Semoga dalam hasilnya nanti menghasilkan pemimpin yang mencintai umat, pemimpin yang beramanah dan membawa Indonesia yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” harapnya.

Disela waktu, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Dompu Drs. H. Syamsul H. Ilyas, S.Ag, M.Si, mengatakan, upaya saat ini adalah ikhtiar dan hidayah hanya Allah SWT yang menentukan, akan tetapi kewajiban manusia adalah menyampaikan. Pihaknya selaku
Kementerian Agama Dompu kata Dia, harus menyapa umat dan harus ada di tengah-tengah umat untuk mengingatkan kebaikan-kebaikan menghindari perbuatan-perbuatan maksiat termasuk masalah bunuh diri.

“Kedepannya kegiatan ini akan kita libatkan pihak terkait dibawah komando Bupati Dompu. Dan Dikpora juga nanti kita jalan bersama karena tugas mengingatkan kebaikan bukan Kementrian Agama saja, bukan da’i saja, namun semuanya harus ikut andil,” jelasnya.

Syamsul menyebut, Kegiatan Isra Mi’raj (Maulid Nabi Muhammad) akan dilaksanakan pada malam Ahad (Hari Sabtu 6 April 2019) di Desa Rasabou, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu dengan harapan melalui kegiatan tersebut ada banyak hikmah yang bisa dipetik.

Baca :   Kawasan Hutan Dompu di Perkosa ?

“Kami Kementrian Agama Kabupaten Dompu mengucapkan terimakasih kepada para Ustadz yang telah terlibat dalam kegiatan safari jum’at,” ucapnya.

Sebelumnya, dalam kegiatan safari jumat ini dihadiri Kepala Kementrian Agama Kabupaten Dompu Bapak Drs. H. Syamsul H. Ilyas, S.Ag.,M.Si, Ketua MUI Kabupaten Dompu DR. HC. H Abdulah Arsyad, S.Ag, Ustadz Muhammad Taqiyuddin, S.Pdi (Juru Bicara FUI Dompu), Ustadz Julkifli (Amir Mudiriyah JAS Dompu) dan Seluruh Kepala Kantor Urusan Agama Se-Kabupaten Dompu.

Sebelum berada di lokasi kegiatan safari juma’at, rombongan berkumpul di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu. Kemudian rombongan menuju wilayah Kecamatan Kempo.

Setelah di wilayah di lokasi (Kecamatan Kempo, para rombongan terutama para Khatib Jum’at mendatangi Masjid di masing-masing Desa di Kecamatan Kempo yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Kementrian Agama Kabupaten Dompu.(IR3)

BERBAGI