Beranda Parlemen Bicara Kecamatan Hu’u Marak Kasus Bunuh Diri, Ini Tanggapan DPRD

Kecamatan Hu’u Marak Kasus Bunuh Diri, Ini Tanggapan DPRD

151

DOMPU, intirakyat.com – Anggota
Komisi III DPRD Kabupaten Dompu Muhammad Ikhsan S.Sos, belum lama ini mengomentari mengenai maraknya kasus bunuh diri yang terjadi di wilayah Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu. Pasalnya, kejadian bunuh diri rentan terjadi hanya karena persoalan sepele yang dialami oleh para pelajar.

“Kami sebagai wakil rakyat merasa prihatin dengan maraknya kasus bunuh diri yang terjadi di Kecamatan Hu’u Dompu. Bahkan para korbannya pun adalah anak anak yang masih dibawah umur (pelajar,Red),” ujar Muhammad Ikhsan S. Sos, saat diwawancarai wartawan ini melalui saluran telepon, Senin (18/3/2019).

Ikhsan menyebut, sudah beberapa tahun terakhir ini, kasus bunuh diri dengan cara minum racun terjadi di Kecamatan Hu’u. Bahkan kata Dia, korban pun yakni para pelajar juga yang ada di Kecamatan Hu’u setempat.”Saya bingung, di Kecamatan Hu’u banyak sekali kasus bunuh diri yang terjadi beberapa tahun ini,” katanya.

Baca :   Warga Pekat Tuntut Bupati Dompu Bebaskan Lahan HGU PT SMS

Ikhsan menjelaskan, maraknya kasus bunuh diri ini terjadi karena minimnya pengawasan para orang tua terhadap anak anaknya. Sebab sepengetahuan Dia, berdasarkan informasi yang diketahuinya dari berbagai pemberitaan di media masa bahwa kasus bunuh diri disebabkan oleh rasa sakit hati dan kekecewaan yang dialami para korban terhadap para orang tuannya.”Saya membaca berita di berbagai media masa, kalau kasus bunuh diri terjadi hanya karena persoalan sepele (merasa sakit hati dan kecewa,Red),” terangnya.

Menurut Ikhsan, dengan maraknya kasus bunuh diri tersebut, perlu dijadikan pelajaran bagi para remaja khususnya para siswi agar tidak melakukan hal hal seperti itu. Begitu juga dengan para orang tua, tentu harus lebih peka dan bijak dalam mendidik anak anaknya terutama saat anaknya berada di rumah.

“Kita sebagai orang tua tentu tau apa yang harus kita lakukan dalam mendidik anak. Salah satunya, membekali anak anak dengan ilmu ilmu agama dan memiliki iman yang kuat serta taat beribadah kepada Allah SWT,” tuturnya.

Baca :   Bupati Dompu Lepas Peserta Pawai Takbir Keliling Idul Adha

Tidak hanya itu tambah Ikhsan, perlu juga ada peranan maksimal para guru di sekolah dalam mendidik para siswa. Terutama menanamkan nilai nilai ketaatan kepada Allah SWT.”Bila perlu di setiap hari jumat, di sekolah diadakan yasinan bersama dan setiap harinya para siswa di suruh shalat berjamaah di Mushala sekolah,” paparnya.

Lebih jauh Ikhsan mengajak kepada semua pihak terutama pemerintah dan lainnya, bersama sama berusaha dan bekerjasama untuk mengantisipasi agar kasus bunuh diri tidak lagi terjadi di Kabupaten Dompu khususnya di Kecamatan Hu’u.”Mari kita sama sama carikan solusi bagaimana mengatasi permasalahan ini, agar kasus seperti ini tidak terulang kembali,” ajaknya.(IR3)

BERBAGI