Beranda Peristiwa Kawasan Tutupan Negara di Tekasire Dibakar Untuk Tanam Jagung

Kawasan Tutupan Negara di Tekasire Dibakar Untuk Tanam Jagung

102

DOMPU, intirakyat.com – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi. Kali ini menimpa kawasan tutupan negara yang berlokasi di Desa Tekasire, Kecamatan Manggelewa. Kebakaran tersebut diketahui sengaja dilakukan oleh oknum masyarakat karena lahan tersebut merupakan lahan pinjam pakai oleh masyarakat setempat.

Kassubag Humas Polres Dompu, Iptu Sabri mengatakan, kebakaran tersebut terjadi pada Rabu (11/09) lalu sekitar jam 8 malam. Khawatir api menjalar lebih luas, polisi yang dibantu oleh aparat dari KPH Ampang Riwo Soromandi sigap untuk memadamkam api.

“Lokasi Pembakaran lahan tersebut merupakan Lahan Tutup Negara yang telah berstatus hak Pinjam Pakai oleh masyarakat setempat. Pada saat didatangi pada Lokasi Lahan yang dibakar tidak ditemukan adanya Warga disekitar lahan sehingga Api masih menjalar,” ungkapnya melalui keterangan tertulisnya pada media ini, Jumat (13/09/2019).

Baca :   Berubahnya Hutan Jadi Lahan Jagung, Ini Tanggapan Gubernur NTB

Upaya pemadaman membuah hasil sekitar satu jam kemudian dengan menggunakan peralatan sederhana. Beruntung saat kejadian, petugas tidak menemukan warga yang diduga sengaja membakar lahan.

“Pembakaran hutan dan lahan tersebut karena masyarakat yang melakukan pembersihan lahan. Tidak Menutup kemungkinan terbakarnya lahan tersebut menjalar lebih besar sehingga perlu dilakukan pemadaman,” ujar Sabri. (IR7).

BERBAGI