Beranda Pemerintahan Kasus Rabies, Bupati Akan Pimpin Eliminasi Binatang Jenis Anjing

Kasus Rabies, Bupati Akan Pimpin Eliminasi Binatang Jenis Anjing

23

DOMPU, intirakyat.com – Keprihatinan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, terhadap kasus anjing rabies yang terjadi di Kabupaten Dompu cukup luar biasa. Bahkan Bupati berencana akan memimpin secara langsung aksi elimininasi binatang jenis anjing tersebut.

“Saya sudah beli senapan dan saya akan memimpin langsung aksi untuk mengeliminasi anjing di Dompu,” tegas Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, melalui penyampaian arahnya saat memimpin apel pagi di Lapangan Beringin Kantor Pemda Dompu, Senin (15/4/2019).

Bupati menyebut, beberapa hari kemarin di Kabupaten Dompu ada korban di gigit ajing rabies. Bahkan korbanya pun kata Dia, dari kalangan anak anak kecil.”Saya sedih melihat dan mendengar adanya korban lagi yang di gigit anjing rabies,” ungkapnya.

Baca :   Pegawai Dishub Jadi Juru Parkir

Menurut Bupati, Kabupaten Dompu benar benar di teror oleh anjing rabies. Maka itu kata Dia, untuk mengantisipasi kasus ini perlu semangat dan kerja keras untuk mengeliminasi anjing anjing rabies tersebut.”Saya sudah sering menyatakan bahwa musuh kita adalah anjing rabies,” katanya.

Penanganan kasus anjing Rabies (aksi eliminasi anjing rabies), Sebenarnya sudah ada tim yang tersebar di seluruh Kecamatan terutama Desa Desa yang ada di Kabupaten Dompu. Namun tim ini kata Dia, belum begitu maksimal dalam menjalankan tugas itu.

“Hanya beberapa desa saja yang serius mengeliminasi anjing rabies. Dan itu terbukti dengan bertambah korban anjing rabies,” ungkapnya lagi.

Bupati juga menyebut, di daerah lain (di Bali,Red) pemerintah mengeluarkan anggaran yang mencapai triliun untuk membeli vaksin. Masa lanjut Dia, Pemda Dompu harus mengeluarkan anggaran nilainya Miliaran hanya untuk membeli vaksin tersebut.

Baca :   Akademisi Minta APBD untuk Rumah Dinas Anggota Dewan, Ditinjau

“Untuk mengantisipasi hal itu, maka kita harus bekerja serius untuk mengeliminasi anjing rabies. Supaya virus anjing rabies tidak tertular di hewan anjing lainnya,” paparnya.

Lebih jauh Bupati berharap, adanya kerjasama semua pihak terhadap penanganan kasus virus anjing rabies. Sebab tanpa ada kerjasama kata Dia, kasus ini tidak akan mampu ditangani secara maksimal.”Kalau ada yang menemukan anjing rabies silakan segera laporkan ke Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu. Agar segera mereka bisa segera menindaknya,” Harapnya.(IR3)

BERBAGI