Beranda Kelautan & Perikanan Kapal Inka Mina Rusak

Kapal Inka Mina Rusak

55
Kepala Dinas dan Kelautan Kabupaten Dompu Provinsi NTB Ir. Wahiddin.

DOMPU, INTI RAKYAT.COM – Kapal penangkapan ikan Inka Mina berteknologi bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang diberikan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Kilo kini mengalami kerusakan.

Sebelumnya kelompok penerima bantuan Kapan Inka Mina mengadakan kerjasama operasional kapal Inka Mina dengan salah seorang pengusaha di Kilo. Oleh pengusaha kapal tersebut dioperasikan di luar Kabupaten Dompu.

Akibatnya, ada kelompok masyarakat yang melaporkan masalah tersebut kepada pihak kepolisian. Beberapa waktu lalu para pihak yakni Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Dompu, Kelompok Penerima kapal Inka Mina, pengusaha pengelola kapal dan pihak kepolisian telah membuat perjanjian untuk mengembalikan kapal tersebut ke Dompu.

Kepala DKP Kabupaten Dompu Provinsi NTB Ir. Wahidi kepada Inti Rakyat usai menghadiri rapat paripurna LKPJ Bupati Dompu di gedung dewan Senin (25/6) lalu mengatakan, dalam rangka mematuhi kesepakatan tersebut, pengusaha pengelola kapal telah berusaha memulangkan kapal Inka Mina ke Kilo.

Baca :   Diseret Banjir, Nyawa Pegawai Honorer Berhasil Selamat

Namun sayangnya, dalam perjalanan dari flores ke Kilo kapal mengalami patah pada bagian As baling-balingnya sehingga kapal tersebut sementara ini didaratkan di sekitar Bajo sebelah timur Laut Sape Bima.

“Dalam perjalanan As baling-balingnya rusak. Baru bisa dipulangkan setelah diperbaiki kerusakannya. Pengusaha berjanji akan segera memperbaikinya dan mengembalikan kapal itu ke Dompu,” ungkapnya.

Wahidin berharap Kapal Inka Mina bisa segera berada di Dompu dalam keadaan baik. Selain dipulangkan ke Dompu, diharapkan kapal tersebut dioperasikan di laut sekitar Dompu dan ikan hasil tangkapannya juga dikeluarkan liwat sejumlah pelabuhan ikan yang di sekitar Dompu.

Baca :   Tuntut Realisasi Gaji Tahun 2018, Honorer DPRD Kembali "bersuara"

Menurut Wahidin, berdasarkan pengakuan dari pengusaha, untuk mengoperasikan kapal tersebut butuh biaya yang cukup tinggi. Akibatnya, pengusaha terpaksa mencari lokasi penangkapan yang potensi ikannya tersedia banyak.

“Kalau menangkap ikan tentu cari dimana ikan itu banyak, tapi masalahnya sekarang berbeda, kapal itu adalah bantuan untuk masyarakat nelayan di Dompu dan dioperasikan di Dompu, untuk masyarakat Dompu,” ungkapnya.

Kadis DKP berharap masalah kapal Inka Mina ini dapat segera diselesaikan, kerusakannya bisa segera ditangani dan kapalnya bisa segera sampai di Dompu. (FF01)

BERBAGI