Beranda Hukum Ini Rencana Aksi KPK Tahun 2018

Ini Rencana Aksi KPK Tahun 2018

799
Foto Rul/www.intirakyat.com Tim KPK foto bersama dengan sejumlah pejabat di lingkup Pemda Dompu usai pertemuan di Pendopo BUpati Dompu

DOMPU, INTI RAKYAT – Inspektur Inspektorat Kabupaten Dompu, Provinsi NTB, Ir. H. Muh. Syaiful HS, M.Si menyebutkan, Tahun 2018 ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki beberapa rencana aksi dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi KPK terhadap Pemda Dompu. Lembaga anti Rasua itu bersama Pemerintah Kabupaten Dompu, menetapkan Sembilan Rencana Aksi. “Ada Sembilan rencana aksi yang sudah ditetapkan,” ujar H. Syaiful kepada wartawan usai acara Minitoring dan monev KPK di pandopo Bupati Dompu, Selasa (6/2).

Sembilan target tersebut adalah E-Planning, Pengadaan Barang dan Jasa, PTSP, Penguatan APIP, Managemen ASN, Pendapatan, Dana Desa, Barang milik daerah dan Sektor strategis.

Baca :   Kasus CPNS K2, Dua Tahun Lebih Bupati Dompu 'berstatus' TSK

Terkait masalah Barang dan Jasa rencananya aksinya adalah terbentuknya ULP Mandiri, Kelompok Kerja (Pokja) Permanen, Proses Belanja modal 100 persen di ULP dan Pembelian E-Via Katalog.

“Target pencapaian di ULP antaralain Membentuk kode etik pegawai, Membangun managemen resiko ULP, Memenuhi standar dan sertifikasi seluruh layanan LPSE. Seluruh pengadaan sudah masuk ke Sirup, pengamanan sever dan backup,” jelasnya.

Sementara mengenai target Rencana Aksi dalam perencanaan APBD adalah dokumentasi musrembang, pokok-pokok pikiran anggota DPRD dan Forum SKPD.

Program dan kegiatan RKPD, Renja SKPD telah mengacu pada RPJMD. Digunakan Standar Satuan Harga (SSH) dan Analisa Standar Biaya (ASB). “Perencanaan sudah menggunakan aplikasi perencanaan. Aplikasi intranet atau internet (berbasis web/aplikasi online), terintegrasi perencanaan (e-planning) dan penganggaran (e-budgeting),” terangnya.

Baca :   Kasus K2 ‘Diujung Tanduk’

Selain itu, masih ada lagi target dan pencapaian yang dicapai melalui renaksi tersebut.”Semoga berbagai target akan mampu di capai sesuai dengan harapan dan aturan yang ada,” harapnya. (IR3)

BERBAGI