Beranda Kesehatan Ini Penjelasan Dikes Mengenai Program PIS-PK

Ini Penjelasan Dikes Mengenai Program PIS-PK

179
Foto Faruk / www.intirakyat.com Kepala Bidang Pelayana dan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu NTB, Abubakar Husein, AMG.,

DOMPU, INTIRAKYAT. Com – Program Indonesia Sehat melalui proses Pendekatan Keluarga (PIS-PK) merupakan salah satu program dari agenda kelima nawacita, yaitu meningkatkan kualitas hidupan masyarakat Indonesia. Program Indonesia Sehat selanjutnya menjadi program utama pembangunan kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya, melalui rencana strategi Kementerian Kesehatan tahun 2015-2019, yang ditetapkan melalui keputusan Menteri Kesehatan RI No HK.02.02/Menkes/52/2015.

Sasaran dari Program Indonesia Sehat untuk meningkatkan derajat status gizi kesehatan masyarakat, melalui upaya kesehatan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan financial untuk pemerataan pelayanan kesehatan. Sasaran ini sesuai dengan sasaran pokok Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019.

Pelaksanaan terdepan dari Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat dimana di dalamnya dapat ditemukan berbagai kelompok usia.

Baca :   RSUD Tak Ada Stok Darah, Pasien Kecewa

“Maka Pendekatan keluarga merupakan salah satu cara terbaik Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan akses pelayanan kesehatan di wilayahnya,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Abubakar Husein, ASG., pada media ini.

Karena dengan Pendekatan keluarga ini jelas dia, Puskesmas tidak hanya dapat memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang sakit saja, akan tetapi untuk dapat menjangkau masyarakat yang sehat maupun beresiko sakit agar hak dasar kesehatan terpenuhi.

Dikatakannya, Target sasaran pada keluarga ini terdiri dari berbagai jenis kelompok usia dan status kesehatan. Sehingga, untuk pelayanan yang diberikan harus merupakan integrasi program-program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan, maupun upaya kesehatan masyarakat secara berkesinambungan dan berdasarkan analisa data dan informasi akurat dari profil kesehatan keluarga. “Diharapkan dengan tercapainya keluarga – keluarga sehat maka akan tercipta Indonesia Sehat,” imbuhnya.

Baca :   Semua Puskesmas Sebagai Pelaksana PIS-PK di Dompu

Beko, sapaan akrabnya menyebutkan, dalam PIS-PK ini ada 12 Indikator yang harus dicapai, Seperti keluarga mengikuti KB, keluarga bersalin di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi diberi asi ekslusif selama 6 bulan, pertumbuhan balita dipantau tiap bulan, penderita TB paru berobat sesuai standar, penderita hipertensi berobat secara teratur, gangguan jiwa berat mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan dan tidak ada anggota keluarga yang merokok, serta Keluarga memiliki atau memakai air bersih juga jamban sehat dan harus menjadi anggota JKN.

“Itu lah Indikator yang harus di penuhi dalam program ini,” terangnya. (ADV***).

BERBAGI