Beranda Parlemen Bicara Ini Kinerja Pelayanan Dinas PUPR

Ini Kinerja Pelayanan Dinas PUPR

38
Logo Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR )

DOMPU,intirakyat.com – Sesuai dengan tugas dan fungsi Departemen Pekerjaan Umum, infrastruktur dalam lingkup pekerjaan umum meliputi infrastruktur jalan, sebagai prasarana distribusi lalu-lintas barang dan manusia maupun sebagai prasarana pembentuk struktur ruang wilayah.

Infrastruktur sumber daya air, sebagai prasarana untuk mendukung penyimpanan dan pendistribusian air maupun prasarana untuk pengendalian daya rusak air.

Infrastruktur cipta karya pada kawasan perkotaan dan perdesaan, sebagai pendukung kualitas kehidupan dan penghidupan masyarakat yang mencakup pelayanan transportasi lokal, pelayanan air minum dan sanitasi lingkungan.

Termasuk penanganan persampahan, penyediaan drainase untuk mengatasi genangan dan pengendalian banjir, penanganan air limbah domestik, sertapenataan ruang dalam menata struktur dan pemanfaatan serta pengendalian tataruang wialayah nasional.

Baca :   Gaji Belum Juga Dibayar, ASN Pemkab Dompu 'Angkat Bicara'

Sementara itu, mengenai tantangan dan peluang yaitu antaralain, Tantangan Perubahan iklim yang tidak menentu, menyulitkan kegiatan dilapangan menyebabkan rendahnya kwalitas pekerjaan.

Meningkatnya muatan dan dimensi berlebih dan rendahnya alokasi dana pemeliharaan.Banyaknya kerusakan prasarana jalan dan jembatan akibat bencana alam.Kurangnya kesadaran masyarakat dalam pemanfaatan sanitasi sehat.Kurangnya Infrastruktur yang melayani Air Bersih. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam pemanfaatan sanitasi sehat dan Kecendrungan pelanggaran terhadap tata ruang.

Sedangkan mengenai peluangnya yaitu Mengembangkan sistem perencanaan design dan pelaksanaan fisik dari hasil perencanaan infrastruktur pengairan, jalan, jembatan, bangunan gedung pemerintahan, sarana air minum dan teknik lingkungan.

Baca :   Pariwisata Minim Perhatian, Kinerja Disbudpar Dompu Disorot Warga

Termasuk jugapemeliharaannya yang sesuai dengan ketentuan teknis yang dipersyaratkan serta pemanfaatan ruang kewilayahan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Melaksanakan pembangunan sesuai dengan pedoman/ petunjuk pelasanaan dan petunjuk teknis sehingga terwujud pembangunan bidang Pekerjaan Umum yang berkualitas, aman, nyaman sertanberwawasan lingkungan.

Mengoptimalkan potensi daerah kewilayahan dan lingkungan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembangunan infrastruktur
Tersedianya RTRW dan RDTL
Melakukan pembinaan pemanfaatan kawasan dan tata ruang.(ADV***)

BERBAGI