Beranda Parlemen Bicara Ini Fungsi Keberadaan Bendungan

Ini Fungsi Keberadaan Bendungan

39

DOMPU,intirakyat.com – Keberadaan bendungan di wilayah Kabupaten Dompu sangat memberikan dampak positif yang besar bagi masyatakat dan daerah. Bahkan keberadaaanya pun berguna untuk memasok air minum, menghasilkan tenga listrik, meningkatkan pasokan air irigasi, memberikan kesempatan rekreasi dan
meningkatkan aspek- aspek lingkungan tertentu.

Namun disisi lain pun, ternyata ada kupasan sisi lain bahwa bendungan merupakan salah satu ekosistem buatan manusia, yang mana dalam pembangunanya langsung melibatkan lingkungan yang berada di sekitarnya.

Sehingga apabila dalam pembangunan ini tidak diperhitungkan secara matang, maka akan berdampak kepada ekositem satwa dan tumbuhan dan sosial yang berada di hulu maupun di hilir.

Baca :   Timbu dan Dahi Makanan Khas Dompu

Menurut Dr Agus Maryono, ahli hidrologi dari UGM, merinci berbagai dampak yang terjadi pada saat pembangunan bendungan besar berimbas kepada kerusakan hutan, lansekap dan tanah, punahnya beberapa ekosistem flora dan fauna yang hidup, masalah sosial ekonomi masyarakat yang terkena dampak akibat penggenangan bendungan besar ini, perubahan kualitas air bendungan akibat pembusukan hutan dan vegetasi yang tergenang, perubahan transportasi sedimen sepanjang alur sungai, perubahan karakteristik banjir yang menyebabkan perubahan habitat flora dan fauna sungai
interupsi alur sungai yang dapat menyebabkan terjadinya kepunahan berbagai jenis ikan-ikan sungai yang bermigrasi

“Pada era Orde Baru, itu semua tidak mendapatkan perhatian semestinya, tak ada transparansi dan kontrol publik terhadap sisi AMDAL pembangunan bendungan,” ujarnya.

Baca :   HUT Ke73 RI, Dikpora Bima Gelar Berbagai Kegiatan

Pemerintah hanya menghitung dari sisi keuntungannya saja, tidak memikirkan dampak apa yang ditimbulkan bagi lingkungan maupun masyarakat yang berada disekitar daerah aliran sungai (DAS). Mungkin masyarakat yang berada jauh dari DAS tidak mengalami dampak yang berarti tapi, bagaimana mereka yang tinggal disekitar aliran sungai itu, yang mana kehidupan mereka bergantung kepada sungai.

Pastilah menjadi pertimbangan yang wajib bagi pemerintah maupun perencana terhadap lingkungan dan manusia yang berada disekitarnya demi kesejahteran bersama dalam membangun bendungan.(ADV***)

BERBAGI