Beranda Pariwisata HUT 204 Dompu dan FPT 2019 Berlangsung Hikmat di Savana Doro Ncanga

HUT 204 Dompu dan FPT 2019 Berlangsung Hikmat di Savana Doro Ncanga

18

DOMPU, intirakyat.com – Perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 204 Kabupaten Dompu dan Festival Pesona Tambora (FPT) Tahun 2019 di Savana Doro Ncangan Desa Doropeti, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Kamis (11/4/2019) berlangsung Hikmat. Perayaan ini pun diwarnai oleh berbagai kegiatan menarik yang diadakan oleh panitia FPT.

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, melalui sambutannya dalam acara tersebut menyebutkan, perayaan Festival Pesona Tambora/FPT (Tambora Menyapa Dunia/TMD) sudah yang ke 5 kalinya dilaksanakan di wilayah (Savana Doro Ncanga) Kabupaten Dompu.

“Saya mewakili seluruh masyarakat di Kabupaten Dompu berterimakasih kepada Kementrian Pariwisata RI atas dukunganya, sehingga acara ini berjalan aman dan lancar,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Bupati juga menyebut, padang savana doro ncanga ini adalah tempat yang sangat indah. Maka itu Kata Dia, kedepan dan untuk selamannya lokasi ini tidak boleh disentuh oleh pembanguan salah satunya bangunan permanen.

” Savana ini menjadi tempat yang menyenangkan bagi warga NTB untuk hadir mengikuti acara Festival Pesona Tambora (FPT),” jelasnya.

Disela waktu, Staf Ahli kementrian Pariwisata RI, bidang Multi kultural Dra, Esty Reko Astuty M.Si, melalui penyampaiannya juga dalam acara tersebut mengatakan, kehadiran dirinya di acara FPT 2019 ini yakni mewakili Meteri Pariwisata.”Kita semua dapat salam dari Menteri Pariwisata RI. Dan beliau tidak bisa hadir disini karena sedang melaksanakan tugas,” katanya.

Esty menyebut, Lombok merupakan makanan terhalal. Predikat ini diberikan kata Dia, oleh muslim traveling indek dan Festival Tambora Indonesia ini masuk dalam katagori 4 kalender ifent wonderful Indonesia. Bahkan pesona Tambora masuk kalender ivent nasional, karena dinilai dari 5 kriteria serta masuk world wonderful ifend.

“Pengembangan destinasi ini termasuk dalam destinasi alam, kita harus menjaga lingkungan ini agar terjaga dengan baik, kami akan terus berusaha agar Ivent Tambora ini berjalan terus setiap tahunya,” jelasnya.

Baca :   Kabid TP: Tidak Boleh Ada CPCL Secara Individu

Disela waktu juga, Gubernur NTB, Dr, Zulkiflimansyah, melalui Penyampaiannya juga dalam acara tersebut nenyampaikan rasaterimakasihnya kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan FPT ini.”NTB ini harus nyaman, aman dan lancar,” ujarnya.

Dikatakan Gubernur, semua pihak harus bersahabat dengan para investor dan tamu yang datang di wilayah Kabupaten Dompu.”Kita harus mampu berprilaku baik pada tamu, memberikan kenyamanan, dan ini adalah bentuk wujud bahagia masyarakat kita,” katanya.

Mengenai FPT laniut Gubernur, pihaknya akan terus merayakan dalam invent Internasional. Bahkan kata Dia, pihaknya sangat optimis Savana Doro Ncanga ini agar dikemas lebih naik lagi, agar terus mendunia akan keindahan alam dan pemandangannya.” Wonderful indonesia harus selaras dengan spirit Nggahi rawi pahu, kita harus menyatukan pikiran rakyat agar bisa sama-sama mendukung Festival ini,” tuturnya.

Diakhir sambutannya dalam momentum acara ini, Gubernur juga menyampaikan mengenai Pemilu serentak Tahun 2019. Menurut Dia, walau berbeda pilihan tapi harus tetap menjaga kebersamaan dan ketentaraman.

” Dalam pemilu nantinya jika kita beda pilihan tetapi jangan kita ada perbedaan, teruslah jalin persatuan. Hampir kita lihat setiap hari anak-anak muda kita berorasi anti Korupsi. Jika masih mahalnya ongkos menjadi pejabat publik maka tidak akan hilang korupsi di daerah kita, kita harus memilih calon pemimpin yang bersih,” ajaknya sembari menutup penyampaiannya.

Sebelumnya, dalam acara puncak FPT Tahun 2019 yang berlangsung di Savana Doro Ncanga, dihadiri Gubernur NTB Dr, Julkiflimansyah , Danrem 162/Wb kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani S.sos, SH. M. Han, Bupati Dompu Drs. H. Bambang Myasin, Wakil Bupati Arifudin SH, Dandim 1614/Dompu Letkol Czi Arief Hadiyanto S.IP, Dandim 1608/Bima Letkol inf Bambang Kurnia Eka Putra, Kapolres Dompu AKBP Erwin Suwondo S.IK M.IK, Staf Ahli Kementrian Pariwisata RI bidang Multi kultural Dra, Esty reko Astuty M.Si, Pimpinan OPD beserta jajaranya di lingkup Pemkab Dompu, FKPD Dompu, Camat Se-Kabupaten Dompu, Kades se-Kabupaten Dompu, Toga, Toma Tokoh budaya dan Tokoh Adat se- Kabupaten Dompu, Anggota DPR RI Syarifudin dan Kepala Dinas Pariwisata Propinsi NTB.

Baca :   Why you should choose Microsoft over Linux

Menariknya dalam puncak FPT ini, ada berbagai kegiatan menarik antaralaian, Para tamu datang sambil melihat pameran ekonomi keraetif dan kuliner, diiringi lagu tradisional Bima – Dompu dan lagu Daerah NTB oleh Denta dan Denia. Selain itu, juga ada Tari wura bongi monca (penyebutan dalam bahasa daerah bima dompu) dan Tarian Kolosal yang membuat acara semakin menarik dan meriah.

Sebelumnya juga, dalam FPT 2019 ini diadakan berbagai kegiatan menarik antara lain, dimulai dengan “Semalam Dalam Loka” pada 2-3 April (Sumbawa), kemudian pada 6-7 April akan digelar “Mantar Festival” (KSB), “Lawata Festival” 6-8 April di Kota Bima, “Teka Tambora” 7-11 April di Kabupaten Bima.

Selain itu ada “Festival Geopark Tambora I, 8-11 April di Bima dan Dompu, “Lanud ZAM Tambora Golf Tournament” di GEC Rinjani Golf & Lombok Golf Kosaido Country. “Tambora Color Run” di kantor Bupati Dompu dan puncak acara “Festival Pesona Tambora” 11 April di Ndoro Ncanga, “Taman Nasional Gunung Tambora 2-30 April di Gunung Tambora, “Pacuan Kuda” di Dompu.

Tidak hanya itu, NTB juga kembali menggelar ajang lari marathon, Tambora Challenge 2019, pada 1 hingga 4 Mei 2019. Ajang lari lintas Pulau Sumbawa sejauh 320 kilometer dari Pototano di Kabupaten Sumbawa Barat dan berakhir di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pelari internasional.(IR3)

BERBAGI