Beranda Pertanian Hortikultura BBU Bara “disulap” Jadi Angrowisata

Hortikultura BBU Bara “disulap” Jadi Angrowisata

39

DOMPU, intirakyat.com – Hortikultura BBU Bara dibawah naungan Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu yang berlokasi di wilayah Desa Bara, Kecamatan Woja, disulap jadi lokasi Agrowisata. Menariknya, dilokasi ini selain ditanami berbagai tanaman bunga, buah dan sayuran, juga menghadirkan pemandangan dan panorama yang indah.

Tidak heran, jika lokasi ini kerap dikunjungi oleh masyarakat Dompu untuk sekedar bersantai ria dan berfoto selfy. Bahkan dilokasi ini selalu ramai mulai pagi hingga sore harinnya.

Kepala Distanbun Dompu, Ilham SP, mengatakan, lokasi BBU ini sengaja didesain dan dibuat seperti ini agar memiliki nilai manfaat. Sebab, dulu lokasi ini ibarat rumah rumah hantu yang gersang dan tidak berpenghuni.

Baca :   Saneo Jadi Lokasi Panen Raya Jagung Nasional Tahun Ini

“Karena lokasi (BBU) ini menurut saya cukup strategis. Makanya saya langsung mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat,” ujar Ilham, Selasa (5/11/2019).

Diakui Ilham, lokasi ini mulai benah sejak bulan Juni Tahun 2019. Baik itu rancangan desainnya maupun penataan keindahaanya.”Lokasi BBU ini 6 hektare dan pilot perdananya baru 1 hektare. Dan sisanya tetap dikembangkan,” jelasnya.

Alasan lokasi ini ditanami berbagai tanaman Hortikultura dan lainnya, lanjut Ilham, sebagai media belajar bagi penyuluh, kelompok tani dan masyarakat Dompu.”Dengan adanya lokasi ini, bisa menjadi sampel bagi para pihak untuk belajar memanfaatkan lahan perkarangan,” katanya

Baca :   Dorong Penyerapan Gabah Beras Petani, Tim Sergap Mabes TNI Tatap Muka Dengan Bhabinsa di Kodim 1614/Dompu

Diakui Ilham juga, semenjak lokasi dibenah banyak menyita perhatian publik, terutama masyarakat – masyarakat Dompu. Bahkan mulai pagi hingga sore, banyak para pelajar, mahasiswa dan lainnya yang datang sekedar berfoto bersama sambil menikmati keindahan alam dilokasi ini.”Setiap pagi hingga sore lokasi ini selalu ramai,” terangnya.

Ditambahkan Ilham, lokasi ini akan terus berbenah dan didesain sedemikian rupa, supaya lebih indah dan bermanfaat.”Saya yakin, kedepan banyak pihak terutama sekolah yang akan berkunjung di lokasi ini sekedar untuk belajar tentang berbagai hal dalam dunia pertanian dan lain lain,” Tandasnya.(IR3)

BERBAGI